logoposikm

“KEPO HARI BUMI” (Part III/HABIS.) Dr. Isa Ma’rufi, S.KM., M.Kes: ‘’KITA BUTUH AKSI NYATA’’

index

Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan perikehidupan, dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Ketua Program Studi Magister  Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Jember dan Anggota Pelaksana Forum Jember Sehat Dr. Isa Ma’rufi, S.KM., M.Kes.  mengatakan, bumi kita saat ini dalam kondisi yang perlu perhatian, setiap hari sering terjadi pencemaran yang meliputi pencemaran udara, air, tanah yang mengakibatkan berbagai macam efek yang merugikan masyarakat dan ini membutuhkan kesadaran di masyarakat.

Forum Jember Sehat  menyerap aspirasi masyarakat dan kemudian mendorong partisipasi masyarakat yang nantinya akan bisa memunculkan dan mengkreasikan program-program yang mendukung kegiatan terutama terhadap kepedulian lingkungan dan  masalah kesehatan di Kabupaten Jember. Forum ini sendiri didukung oleh Pemerintah Kabupaten Jember, Akademisi serta Masyarakat.

“Kita butuh aksi nyata” terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat ,”ujarnya. Bersama mahasiswa S1 dan S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Jember yang tergabung direlawan FORJES Dr. Isa Marufi keliling ke desa-desa di kabupaten Jember diantaranya desa Mayang dengan melakukan penanaman pohon, perbaikan sanitasi, memberikan closet dan alat membuat closet.

Kita juga giat melakukan penyuluhan,”ujar Dr. Isa Ma’rufi, S.KM., M.Kes.  memberikan pemahaman terhadap masyarakat akan pentingnya peduli terhadap lingkungan perlu kesabaran dan ketekunan. “Alhamdulilah rekan-rekan mahasiswa semangat dan antusias”  katanya.

Satu hal yang menarik dari pernyataan Dr. Isa Ma’rufi, S.KM., M.Kes.  menanam 1 pohon itu membawa berkah tersendiri, coba kita fikir andai saja 1 keluarga menanam pohon 1 maka keluarga itu telah ikut serta melestarikan alam dan ini akan terus bermanfaat bagi orang-orang sekitar kita bahkan anak cucu kita,”ujarnya.(hr)

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS