UPT. TI 3

UPT TI MELAKUKAN OPTIMASI JARINGAN HOTSPOT DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS JEMBER

UPT. TI 4

Optimasi WiFi Hotspot UNEJ di Program Pascasarjana UNEJ

WiFi merupakan jaringan akses wireless broadband yang menjadi media untuk menikmati layanan internet berkecepatan tinggi serta berbagai layanan multimedia lainnya.

Menggunakan teknologi Wireless Fidelity (WiFi) terbaru berdasarkan pada spesifikasi tertentu populer digunakan untuk menghubungkan antara komputer, smartphone, laptop dan perangkat lainnya, serta menghubungkan komputer dan perangkat lain ke internet atau ke jaringan kabel (ethernet) LAN.

Teknologi ini sudah dilengkapi dengan sistem kontrol dan monitoring terpadu menjadikan WiFi di lingkungan Universitas Jember dapat menyalurkan lebih dari satu layanan broadband dengan tingkat kualitas masing-masing yang dapat dijaminkan.

Rohmad staff jaringan UPT TI menjelaskan, “kegiatan optimasi wifi seluruh titik hotspot di lingkungan Universitas jember, optimasi hotspot di seluruh lingkungan Universitas Jember kurang lebih 200 titk spot wifi, jaringan kita optimasikan, dan jaringan kurang bagus kita perbaiki, jadi mengena”, katanya.

Rohmad mencontohkan beberapa kategori jaringan wifi dalam perbaikan, salah satunya posisi akses wifi

“salah satu contohnya kita target kepada titik kumpul mahasiswa, maka kita akan pindah titik spotnya, agar lebih tepat sasaran”, ungkapnya.

“tujuannya kemana dulu, contoh titik hotspot tujuan didalam kelas, wifinya dipasangkan dilorong namun kurang maksimal, maka harus digeser, jangkauan kurang kuat maka kita pindah ke titik kumpul mahasiswa, namun apabila di lorong itu sebagai titik kumpul ya tidak usah digeser namun kita perkuat” tambahnya.

Rohmad juga mengungkapkan apabila dalam titik maksimal tidak dapat menjangkau akan penambahan sesuai coverage area dengan skala prioritas dalam penambahan dan sesuai kebutuhan.(ysk)

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS

One thought on “UPT TI MELAKUKAN OPTIMASI JARINGAN HOTSPOT DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS JEMBER

Comments are closed.