ALUMNI MENYAPA

User comments

Saya Nurul Fathiyah Fauzi. Asal dari Kabupaten Jember. Saya salah satu alumni dari Program Pascasarjana Universitas jember, tepatnya dari Prodi Magister Agribisnis. Studi S2 saya dimulai pada tahun 2011 melalui program Beasiswa Unggulan Dikti Kemendikbud dan lulus pada akhir tahun 2013.

Selama menjalani studi S2 banyak hal baru yang saya peroleh, ilmu baru, pengalaman baru yang bernilai, dan yang sangat penting dapat menambah wawasan saya pola berfikir yang lebih luas untuk melihat dan menilai sesuatu dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

Studi S2 pada Program Pascasarjana Universitas Jember , lebih akrab dengan berbagi metode belajar-mengajar adalah Sharing antara dosen dengan mahasiswa dan sesama mahasiswa yang variatif sehingga suasana pun tetap terjaga. Dosen-dosen pengajarnya tidak hanya kompeten akademis, namun juga praktis. Didukung oleh staff administrasi Pascasarjana Universitas Jember membantu mahasiswa dalam proses menempuh studi. Lingkungan Pascasarjana Universitas Jember cukup bersih dan nyaman dengan tersedianya berbagai fasilitas ruang kuliah yang representatif, area hotspot termasuk ruang baca dengan berbagai refrensi.

Saat ini saya bekerja sebagai dosen di kampus Universitas Muhammadiyah Jember, prodi Agribisnis.

Beberapa kesan yang saya rasakan selama studi S2 di Almamater kebanggaan saya yakni suasana akademisnya yang sangat mendukung dan memfasilitasi calon mahasiswa dengan penawaran berbagai beasiswa. Hubungan antara dosen dengan mahasiswa yang begitu hangat, Dosen-dosennya friendly dan sangat terbuka untuk diajak berdiskusi baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Kesan lain yang menjadi salah satu penyesalan saya yakni ketika semester 3, saya dan rekan-rekan mahasiswa pernah mendapat sosialisasi dan tawaran untuk bisa melakukan student exchange ke luar negeri, namun kami tidak dapat melakukanya karena kondisi saat itu kami sedang melakukan penelitian tesis. Pemberkasan dan pengumpulan LoA-nya pun waktunya dirasa sangat terbatas yaitu hanya 2 minggu.

Pesan yang bisa saya sampaikan, Apabila ada informasi mengenai beasiswa ke luar negeri, program student exchange atau program-program lain yang berkaitan dengan internasionalisasi mohon disosialisasikan kepada seluruh mahasiswa sejak dini. Alangkah lebih baiknya jika disosialisasikan sejak semester 1 dan dimotivasi penuh sehingga mahasiswa bisa lebih mempersiapkan diri dan lebih termotivasi. Pesan lainnya, perlu disediakan informasi mengenai data alumni atau tracer studi alumni Pascasarjana Universitas Jember agar dapat terjalin komunikasi dan pertukaran informasi.

Semoga untuk kedepannya Pascasarjana Universitas Jember semakin maju dan berkembang lebih baik.(hs)

Tags
%d bloggers like this: