“Berangkat Dengan Ikhlas dan Penuh Cinta Pada Bidang Yang Digeluti, Mari Kita Bangun Negeri”

laras'

Hari kebangkitan nasional, diawali dari sejarah berdirinya organisasi Budi Utomo yang diprakarsai oleh Soetomo bersama rekan-rekannya, sebagai organisasi nasionalis yang peduli terhadap kesejahteraan masyarakat, terutama mengenai pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya  yang juga memicu terbentukknya organisasi-organisasi nasionalis lainnya. Secara harfiah terbentuknya organisasi Budi Utomo ini berasal dari kata Budi yang berarti perangai atau tabiat dan Utomo berarti luhur atau baik. Sehingga dimaknai sebagai pencapaian sesuatu yang bernilai luhur dan berbudi pekerti baik yang di dalamnya terdapat nilai-nilai perjuangan demi kesejahteraan bangsa. Lalu, bagaimana dengan saat ini??

Tantangan global semakin besar, untuk menjadi sebuah bangsa yang sejahtera dan memiliki kehormatan di mata dunia, perlu adanya suatu gerakan bersama seluruh rakyat Indonesia, terutama para pemuda yang merupakan cikal bakal bangsa, sebagai agen penggerak dan perubahan bangsa yang lebih baik. Maka sepatutnya tidak ada kata menyerah untuk tetap berjuang demi kesejahteraan Bangsa. Berangkat dari diri sendiri, tanamkan cinta pada apa yang kita lakukan untuk mencapai cita yang luhur.

Sebagai mahasiswa, berangkat dari tugas wajib kami dan dengan menjunjung tinggi tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian,dan pengabdian masyarakat ), pun perlahan turut andil dalam pembangunan bangsa. Kami misalnya,  mahasiswa Magister Bioteknologi, yang terasa cukup sulit melihat birunya langit mengingat padatnya kegiatan di laboratorium, belum lagi berjibun tugas-tugas perkuliahan di setiap kelas yang harus terselesaikan, berangkat pagi pulang malam, tapi bersama-sama menjadi terasa menyenangkan dan semakin cinta dengan apa yang kami kerjakan. Inilah bidang yang kami tekuni dan harus kami jalani dengan penuh perjuangan, berkarya untuk negeri melalui berbagai upaya pembelajaran dan penelitian, baik di bidang pertanian, industri, maupun kesehatan. Karena kembali lagi pada tridharma perguruan tinggi, dengan tujuan akhir adalah mengabdi dan memajukan bangsa Indonesia. Terlebih lagi kini Universitas Jember menjadi salah satu universitas unggulan dalam bidang bioteknologi dan kesehatan oleh kemenristek DIKTI, hal  ini memicu kami untuk semakin giat berkarya menghasilkan inovasi-inovasi di bidang bioteknologi yang dapat membantu bangsa Indonesia menghadapi tantangan global dunia.

Jadi, marilah kita bersama begotong royong sebagai anak bangsa membangun negeri dengan hal-hal positif. Tak perlu terlalu muluk apalagi sibuk mengkritisi pergejolakan yang terjadi di negara kita, yang bahkan memicu terjadinya hal-hal negatif yang malah cenderung merusak. Berangkat dari kesadaran diri kita sendiri, melakukan hal-hal sederhana dari kegiatan atau bidang yang sedang digeluti saat ini dengan ikhlas dan penuh cinta, di iringi dengan cita luhur untuk bisa bermanfaat bagi orang lain, satukan barisan mari bersama membangun negeri. Bukankah sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat.

Semangat berkarya, tetap berjuang, mari bersama-sama bangkit untuk negeri. Selamat Hari Kebangkitan Nasional.

Penulis: Laras Sekar Arum ( Mahasiswa Program Pascasarjana Magister Bioteknologi Universitas Jember)

Tags
%d bloggers like this: