“CATATAN NAIL”

14525135_1592951807675469_8436323280386645184_o

5 s.d 12 Oktober 2016 Mahasiswa Program Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Jember berkunjung ke Faculty of Law Thamasat University untuk mengikuti Program CPG Academy 2016 on Human Rights dengan agenda atau tema besar human right/hak asasi.

Berikut Catatan salah satu peserta Mahasiswa Program Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Jember Muhammad Hoiru Nail, S.H., M.H. :

“Hak Asasi Manusia  merupakan hak dasar manusia yang sejak awal lahir sudah dibawa. Hak Asasi Manusia  ini secara harfiah melekat kepada tiap insan tanpa menghiraukan dari siapa ia dilahirkan, ras, agama, golongan. Oleh karenanya tidak dapat dielakkan HAM  dalam kehidupan manusia.

Pada prinsipnya HAM merupakan suatu hal yang bisa dikatakan “Memanusiakan Manusia”

Mengapa kita peduli terhadap HAM karena kita sebagai mahluk sosial, kehidupan manusia tidak dapat terlepas dari interaksi satu dengan lainnya. Orang tidak dapat menjalankan kehidupannya tanpa adanya interaksi dengan orang lain oleh karena jika kita memperdulikan HAM maka secara ekplisit kita juga menjaga hak hak dasar kita sendiri sebagai seseorang mahluk sosial.

Pada dasaranya HAM itu yang terpenting sudah di tuangkan dalam konstitusi. Setiap Negara memiliki tujuan yang ingin di capai. Termasuk indonesia. Salah satu dari tujuan negara adalah untuk mensejahterakan rakyatnya dan memajukan bangsanya. Dengan menegakkan HAM maka tujuan negara ikut didalamnya”.(HR)

Tags
%d bloggers like this: