ALUR PENDAFTARAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2015/2016 ALUR PENDAFTARAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU TAHUN AKADEMIK 2015/2016 a. Membayar biaya pendaftaran di Bank BNI 46 sebesar Rp.600.000,00 untuk Program...
KULIAH UMUM KULIAH UMUM " PERSPEKTIF PEMBANGUNAN PERTANIAN KE DEPAN" Kepala Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian, Balitbangtan, Kementerian Perta
Seminar Optimalisasi Peran BUMN Dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat. Seminar Optimalisasi Peran BUMN Dalam Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat.   Jember, 20-November-2014 – Menarik, Seminar Tentang Optimalisasi peran BUMN...
Program Pascasarjana Universitas Jember Menjawab Tantangan Globalisasi. Program Pascasarjana Universitas Jember Menjawab Tantangan Globalisasi. Program Pascasarjana Universitas  Jember  pada hari Sabtu (6  September  2014)...

Informasi

Program Pascasarjana Universitas  Jember  pada hari Sabtu (6  September  2014) bertempat di Aula Gedung Mas Soerachman Universitas jember menyelenggarakan kuliah perdana  tahun akademik 2014/2015 , Kuliah perdana digelar dihadapan 350 mahasiswa baru Program Pascasarjana yang terdiri dari 5 Program Studi  Doktor dan 15 Program Studi Magister.  5 Program Studi  Doktor terdiri dari Program Studi

Doktor Ilmu Administrasi, Program Studi Doktor Hukum , Program Studi Doktor Manajemen, Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi, Program Studi  Doktor Pertanian  sedangkan 15 Program Studi Magister terdiri dari Program Studi Magister Manajemen, Program Studi  Magister Agronomi, Program Studi Magister Agribisnis, Program Studi Magister Ilmu Hukum, Program Studi Magister Ilmu Administrasi, Program Studi Magister Ilmu Ekonomi,  Program Studi Magister Matemataika, Program Studi Magister Biologi, Program Studi Magister Ilmu Linguistik, Program Studi Magister Tekhnologi Agroindustri, Program Studi Magister Ilmu Akuntansi, Program Studi Magister Pendidkan IPA, Program Studi Magister  Pendidkan IPS, Program Studi Magister Pendidikan Matematika  dan Program Studi Magister Kenotariatan.

Dalam sesi pembukaan kata sambutan  Rektor Universitas jember yang diwakili Pembantu Rektor I  Drs. Zulfikar , Ph.D.  menyampaikan Selamat Datang kepada seluruh Mahasiswa Baru Program Pascasarjana Universitas Jember dan menekankan semangat dalam belajar agar dapat mencapai prestasi akademik untuk memberikan  sumbangsih bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Kuliah sesi pertama yang langsung dilanjutkan Pembantu Rektor I Universitas Jember Drs. Zulfikar , Ph.D., dengan tema “ Universitas Jember Menyongsong Masa Depan “ , Dalam kuliahnya Drs. Zulfikar , Ph.D menyoroti tantangan globalisasi bagi Bangsa Indonesia. Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul dan kompeten adalah bagian dari Pendidikan . Universitas Jember berharap Mahasiswa Universitas Jember  menjadi bagian penting dalam menjawab tantangan Globalisasi serta berperan aktif bagi kemajuan bangsa.  Serta menanamkan dalam jiwa mahasiswa akan rasa cinta tanah air.

Kuliah sesi kedua dibawakan Direktur Program Pascasarjana Universitas Jember Prof.Dr. Ir. Rudi Wibowo,MS.  Dengan tema “ ASEAN ECONOMIC COMMUNITY: Apa yang harus kita siapkan ?

Asean Economic Community (AEC) adalah kesepakatan 10 negara anggota ASEAN. Di bidang ekonomi, bertujuan meningkatkan daya saing, tumbuh merata, meningkatkan taraf hidup masyarakat, dan mengeliminasi kemiskinan.

Anggotanya terdiri dari:

  Indonesia

• Myanmar

• Thailand

• Malaysia

• Singapura

• Brunai Darussalam

• Philipina

• Laos

• Kamboja

• Vietnam

PERSPEKTIF KE DEPAN

Industri. Kondisi Indonesia yang belum sepenuhnya terintegrasi dengan baik (seperti elektronik, alat mesin, tekstil, dll) , akan menyulitkan dalam pengembangan daya saingnya. Perlu segera menetapkan prioritas-prioritas dalam mengembangkan jenis-jenis industri yang mempunyai potensi keunggulan kompetitif.

Korporasi lokal. 98 persen entitas usaha di Indonesia adalah UMKM. Persaingan yang akan sangat tinggi dengan usaha-usaha sejenis dari ASEAN mengharuskan kerja keras dalam upaya meningkatkan daya saingnya.

Barang dan jasa. Situasi daya saing Indonesia yang masih berada di bawah Singapura, Thailand dan Malaysia, dalam jangka pendek diprediksi akan mengakibatkan defisit neraca perdagangan dengan negara-negara tersebut. Thailand lebih baik dibandingkan kita dalam hal kesiapan daya saing di bidang produk-produk pertanian utama (beras, gula, hortikultura), demikian juga Malaysia (kelapa sawit, karet). Singapura jelas lebih baik di bidang jasa-saja.

Sumberdaya Manusia. Lebih dari separuh tenaga kerja kita hanya lulusan SD. Ke depan, peningkatan tenaga kerja terdidik menjadi sangat penting dalam mengembangkan usaha-usaha ekonomi domestik.

Mengeliminasi Ekonomi Biaya Tinggi. Dalam banyak hal, ekonomi biaya tinggi akan sangat berkenaan dengan hambatan untuk meningkatkan daya saing. Untuk itu, Reformasi Birokrasi sangat penting untuk memutus rantai ekonomi biaya tinggi, termasuk mengatasi problem korupsi di berbagai sektor pembangunan.

Meningkatkan Kapabilitas SDM dan Produktivitas. Tidak dapat terelakkan, tenaga kerja terdidik dan produktivitas kerja merupakan kunci keberhasilan dalam rangka meningkatkan persaingan dalam segala bidang kehidupan. Untuk itu, pendidikan, pelatihan dan pengembangan program-program kesehatan masyarakat menjadi sangat penting.

Penguatan dan peningkatan daya saing UMKM. Bagian terbesar usaha adalah UMKM, sehingga pembinaan untuk mengembangkan keproduktifan dan keefisiensian kinerja UMKM menjadi hal yang sangat penting, agar Indonesia tidak hanya menjadi pasar (konsumen) saja, akan tetapi juga menjadi produsen yang berdayasaing. Penguatan jaringan-jeringan bisnis UMKM menjadi sangat penting.

Pengembangan Infrastruktur dan jaringan kelembagaan. Dalam banyak hal, ketidak-siapan infrastruktur dan kelembagaan akan menjadi penghambat dalam meningkatkan daya saing. Kedua hal ini juga akan sangat penting dalam rangka peningkatan pemerataan kesempatan.  

Direktur Program Pascasarjana Universitas jember Prof. Dr. Ir. Rudi Wibowo,MS. Berharap mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Jember mengkaji persoalan – persoalan tentang kemajuan Bangsa agar mempunyai daya saing di dunia Internasional.

Sesi terakhir Sekretaris Program Pascasarjana Universitas jember Dewi Prihatini,S.E.,M.M.,Ph.D. mengenalkan Program Pascasarjana secara keseluruhan agar mahasiswa baru memahami sistem akaademik, serta mengenalkan sistem akademik Online yaitu Sister ( Sistem Terpadu).

Dosen Pengajar

  • Prof. Dr. Ir. Rudi Wibowo, M.S.
  • Prof. Dr. R. Andi Sularso,MSM.
  • Prof. Drs I Made Tirta, M.Sc.,Ph.D.
  • Prof. Dr. Hary Yuswadi, M.A.

Kegiatan Mahasiswa

 
 

Contact Us

PASCASARJANA UNIVERSITAS JEMBER
Jalan Kalimantan No. 37 Kampus
Tegalboto Jember Jawa Timur 68121 
Indonesia.

Follow Us

Facebook Image
Follow Us On Twitter - Image