Kuliah Perdana Program Pascasarjana Universitas Jember

Kuliah Perdana Program Pascasarjana Universitas Jember
 

Sebanyak 160 Mahasiswa baru Program Pascasarjana Universitas Jember Tahun Akademik 2012/2013 mengikuti kuliah umum yang merupakan serangkaian acara Pengenalan Kehidupan.

 

 

Kampus Mahasiswa Baru. Acara yang diselenggarakan Program Pascasarjana Universitas Jember tersebut mengambil tema “Peluang dan Tantangan MahasiswaProgram Pascasarjana dalam Rangka ASEAN COMMUNITY  2015” dan dihadiri oleh Pembantu Rektor I Universitas Jember dan Ketua Program Studi Program Pascasarjana Universitas Jember, Prof. Dr. Ir. Didik Sulistyanto. dan Drs. Edy Budi Susilo, M.Si. sebagai Narasumber.
Acara yang dilaksanakan di Gedung Mas Soerachman Universitas Jember Prof. Dr. Ir. Didik Sulistyanto. sebagai narasumberpeluang dan tantangan mahasiswa Program Pascasarjana dalam persaingan dan berkompetesi lulusan Program Pascasarjana di tingkat ASEAN, Tegasnya.

 

Dikatakannya, para mahasiswa baru harus memiliki kemampuan ilmu pengetahuan yang cukup. Para calon mahasiswa baru Program Pascasarjana harus mensyukuri kesempatan belajar pendidikan yang lebih tinggi. Diluar sana masih banyak masyarakat atau remaja yang belum mendapatkan kesempatan menempuh pendidikan tinggi yang disebabkan oleh banyak faktor baik itu pribadi maupun financial. Oleh karena itu, belajarlah dengan keras dan bersyukur, karena dengan belajar dan bersyukur kita diajarkan untuk melakukan suatu kehidupan menjadi lebih baik agar bisa bersaing dengan negara lain terutama negara ASEAN. Hal-hal penting dilaksanakan oleh mahasiswa Program Pascasarjana adalah upayakan sebanyak mungkin memiliki jaringan (networking),upayakan menguasai bahasa asing,upayakan menguasai informasi dan teknologi,upayakan aktif dan proaktif untuk mencari informasi apapun yg penting via internet, on line, media cetak, dll.dan yang terpenting selalu berdoa dan minta doa restu orang tua.

Selain itu juga beliau juga akan membantu para mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Jember untuk mendapatkan beasiswa Dikti untuk S2 dan S3 di luar maupun di dalam negeri dan beasiswa unggulan untuk Double Degree.

Disesi kedua narasumber Drs. Edy Budi Susilo, M.Si. dari Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Jember memaparkan “Peningkatan Peran Program Pascasarjana dalam Pembangunan dan Daya Saing Daerah”.

 

Berbicara tentang daya saing sangat berkaitan dengan aktifitas perekonomian yang biasanya dipahami dalam kerangka pikir ekonomi. Konsep ini pada dasarnya menjelaskan upaya peningkatan bargaining position dalam kerangka memaksimalkan pencapaian tujuan kita yang berhadapan dengan posisi pihak lain. Oleh sebab itu bisa dipahami jika konsep ini dapat dipahami secara politik, karena kemampuan untuk mengembangkan daya saing sangat dipengaruhi oleh faktor –faktor politik yaitu keputusan politik dan proses politik itu sendiri.
Keputusan politik umumnya bersifat visioner, tentang arah perjalanan suatu bangsa ke depan. Sedangkan proses politik yang demokratis menghendaki adanya kompetisi antar aktor-aktor yang terlibat dalam proses tersebut. Kompetisi tidak sekedar melahirkan pilihan kebijakan yang rasional namun juga melahirkan aktor-aktor bangsa yang handal utnuk dikonteskan pada skala nasional maupun internasional.
Pengembangan daya saing secara ekonomis akan diuntungkan oleh bekerjanya dua aktor politik tersebut. Pengelolaan faktor-faktor politik penting dilakukan untuk menopang kepentingan nasional dalam rangka mengembangkan daya saing. Setelah selesai para narasumber meninggalkan ruangan dan dilanjutkan dengan pengetahuan tentang Program Pascasarjana Oleh Direktur Program Pascasarjana Prof. Drs. I Made Tirte, M.Sc., Ph.D.

 

Wednesday the 22nd. Create Wordpress Themes. PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS JEMBER
Copyright 2012

©