MANAJEMEN SEHAT SAAT ROMADHON

13565536_10206125899859104_2106613097_n

MANAJEMEN SEHAT SAAT ROMADHON
Oleh : M. Henri Wahyono, Skep. Ns.
Mahasiswa Program Pascasarjana Prodi Megister Kesehatan Masyarakat Universitas Jember
Universitas Jember, 2016

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ (183)

Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan kepada kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa (Q.S al-Baqoroh:183).

أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ (184)

(pada) hari-hari yang tertentu. Barang siapa yang sakit atau safar, maka mengganti di hari lain. Bagi orang yang mampu, maka ia membayar fidyah memberi makan orang miskin. Barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan (membayar kelebihan), maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Sehat dalam puasa perlu adanya manajemen dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan evaluasi. Sehat menjadi poin penting karena melekat pada setiap tahap proses manajemen baik secara proses maupun dalam tahap sistem (input, proses, output dan dampak). Dalam tahap input perlu adanya kondisi sebagai syarat seseorang sebelum berpuasa, sepertinya halnya iman/islam, baliqh (cukup usia) dan kondisi sehat. Faktor lainnya dalam input selain syarat puasa adalah memiliki bekal ilmu, material dan kondisi lingkungan yang kondusif.

Sehat sebelum berpuasa menjadi modal utama yang harus dipersiapkan seseorang selain ilmu dan kondisi lingkungan. Persiapan kesehatan dapat dilakukan dengan pemeriksaan ke dokter maupun melakukan latihan berpuasa jauh hari sebelum pelaksanaan sesungguhnya. Latihan berpuasa jika merujuk pada zaman nabi yaitu dengan latihan puasa dan aktivitas selama puasa dalam waktu satu semester (6 bulan) sebelum datangnya Romadhon, meskipun sebelum satu semester persiapan Rosulalloh sudah terbiasa dengan puasa sunah. Namun disinilah contoh teladan yang harus kita coba aplikasikan melakukan pelatihan diri dengan puasa sebelum benar-benar melakukan puasa Romadhon sebulan penuh. Sehingga tubuh kita dapat beradaptasi dengan perubahan siklus aktivitas, tidur dan makan. Bukannya hari pertama puasa Romadhon menjadi hari pertama berlatih sekaligus puasa langsung selama satu bulan penuh.

12

Kondisi sehat harus benar-benar sehat menurut diri dan pemeriksaan medis, katena ada beberapa orang yang yang secara kesehatan sudah memiliki riwayat yang membuat kambuh dengan berpuasa namun merasa sehat dan mampu untuk menjalankan puasa. Padahal Alloh SWT sudah sangat jelas memberikan keringan untuk tidak berpuasa pada orang yang sakit seperti kandungan QS.Al-Baqoroh (184). Tentunya hal ini tidak berlaku pada seseorang yang secara medis diyatakan sehat namun merasa sakit yang dibuat-buat.

Sehat selama menjalani proses puasa akan menjadi penentu seseorang dapat menyelesaikan puasanya sampai waktu berbuka maupun selama sebulan penuh. Tentunya akan ada keringanan untuk membatalkan puasanya bila dalam waktu berpuasa tiba-tiba mengalami penurunan kondisi fisik atau sakit yang dirasa tidak mampu untuk menyelesaikan hingga waktu berbuka. Untuk menhindari penurunan kondisi ditengah proses puasa tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti halnya:

  1. Mencukupi kebutuhan nutrisi dan elektrolit sebelum berpuasa (waktu sahur)
  2. Menghindari kegiatan-kegiatan berat yang dapat dialihkan waktunya dimalam hari

Dalam out put berpuasa sehat bukan menjadi sebuah tujuan, karena tujuan utama berpuasa adalah meningkatkan ketaqwaan diri bukan bertujuan supaya sehat. Namun diakhir sebuah proses berpuasa sehat menjadi sebuah dampak positif jika:

  1. Tidak makan berlebihan selama berpuasa
  2. Tidak makan dengan aneka menu yang tidak terbiasa diluar Romadhon
  3. Menjaga aktivitas dan istirahat
  4. Tetap berolah raga secara berkala menjelang waktu berbuka
  5. Memulai berbuka dengan yang manis dan tidak langsung makan dengan porsi berat

Sehat merupakan dampak dari berpuasa dan bukan sebuah tujuan orang berpuasa Romadhon. Sehat akan didapatkan bila diri kita memang benar-benar melakukan puasa Romadhon seperti yang diajarkan oleh Rosulalloh SAW.

Semoga kita semua dapat mempertahankan kesehatan diri untuk mengoptimalkan dan menyampaikan sebulan penuh puasa Romadhon. Memasuki idul fitri kita pun tetap menjaga kesehatan karena adanya perubahan adaptasi siklus tidur, aktivitas dan makan.

Salam sehat…..

%d bloggers like this: