Mencari Ilmu Merupakan Kewajiban Setiap Manusia

rETNO 400X600

Wajah ceria Dra. Retno Endah Supeni, M.M. salah satu pendaftar Ujian Masuk Program Pascasarjana Universitas Jember gelombang 2 Tahun Akademik 2016/2017 setelah melihat pengumuman online hasil seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru tanggal  17 Mei 2016 dinyatakan diterima di Program Studi Doktor Manajemen Universitas Jember.

Kilas balik Dra. Retno Endah Supeni, M.M waktu datang ke Bagian Akademik Program Pascasarjana Universitas Jember sekitar bulan April 2016 beliau menuturkan:” Mencari ilmu merupakan kewajiban setiap manusia”. Tanpa ilmu kita tidak bisa menjalani hidup ini dengan baik. Orang yang tidak memiliki ilmu biasanya akan di manfaatkan oleh orang lain. Bahkan, orang yang tak berilmu itu akan dibodohi oleh orang lain.oleh karena itu, kita sebagai manusia yang diberi akal dan pikiran carilah ilmu demi kelangsungan hidup yang lebih baik. Keutamaan Ilmu, diantaranya:

    1. Ilmu adalah amalan yang tidak terputus pahalanya , ”jika manusia meninggal maka terputuslah amalnya, kecuali tiga perkara: shodaqoh jariahnya, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh yang mendoakan kedua orang tuanya,” (HR Bukhori dan Muslim)
    2. Menjadi saksi terhadap kebenaran sebagaimana dalam Firman Allah SWT: (Allah menyatakan bahwasanya tidak ada ilah yang berhak disembah kecuali dia. Yang menegakkan keadilan. para malaikat dan orang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu,). (QS. Ali Imran 18)

Disela-sela aktifitas mengajar di Universitas Muhammadiyah Jember Dra. Retno Endah Supeni, M.M tanggal 18 Mei 2016 “alhamdulilah saya diterima melanjutkan studi di Universitas Jember” ujarnya. Beliau mengatakan” Manajemen menjadi sangat penting artinya dari segala aspek kehidupan”. Karena itu Manajemen menjadi icon yang urgen baik secara individual maupun secara kelompok. Ilmu Manajemen selama ini masih selalu dikaitkan dengan bidang ekonomi. Padahal lebih dari itu , Ilmu Manajemen dapat pula diterapkan dalam segala bidang keilmuan bahkan Ilmu Manajemen itu sendiri juga memiliki manfaat tersendiri bagi kelangsungan hidup umat manusia. Penerapan Ilmu Manajemen dalam kehidupan ini akan sangat bermanfaat karena segala sesuatu bisa diatur dengan Ilmu Manajemen maka akan  ada dampak yang akan terjadi pada kehidupan manusia, yaitu produktifitas sumber daya manusia. Ilmu manajemen juga harus diterapkan dalam suatu Negara jika tidak diterapkan maka negara tersebut akan menimbulkan berbagai aliansi yang menuntut ketidakadilan . Selain itu juga dapat menimbulkan kerusuhan yang dapat mengancam stabilitas suatu negara karena itu solusinya adalah dengan adanya komunikasi, kesepakatan dan komitmen yang jelas , diantara masyarakat atau komunitas untuk mencapai tujuan tertentu dan juga mengaplikasikan ilmu manajemen tersebut dalam segala bidang kehidupan.

Saya berharap “Dapat memberikan sumbangsih kepada masyarakat khususnya perempuan miskin dengan membuat model pemberdayaan ekonomi terhadap masyarakat khususnya perempuan miskin di pedesaan melalui Pengembangan Manajemen Usaha kecil Sederhana”katanya.(Hr)

 

 

 

Tags
%d bloggers like this: