Pascasarjana UNEJ Gelar Forum Diskusi Perilaku Sehat Untuk Antisipasi COVID-19

Rabu, 11 Maret 2020, Pascasarjana Universitas Jember (UNEJ) mengadakan kegiatan “Forum Diskusi Perilaku Sehat Untuk Antisipasi COVID-19” dengan narasumber Dr. rer. biol. hum. dr. Erma Sulistyaningsih, M.Si., (UNEJ) dr. Angga Mardro Raharjo, Sp.P. (UNEJ) , dan Diyah Kusworini Indriaswati, , SKM., M.Si. (Kepala Dinas Kesehatan Jember) yang diikuti oleh Kepala Rumah Sakit (RS) di Jember serta Dosen dan Mahasiswa Universitas Jember bertempat di aula lantai  3 Gedung Pascasarjana Universitas Jember.

Direktur Pascasarjana Universitas Jember Prof. Dr. Ir. Rudi Wibowo, M.Si dalam sambutannya berharap kegiatan ini mejadi sebuah komunitas bersama dalam pola hidup sehat yang berkelanjutan sehingga memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.

Diah Kusworini , SKM., M.Si. menyampaikan RS rujukan  untuk pasien yang terindikasi Covid-19 yaitu di RS Soebandi Jember.

“ Pemerintah Jember akan selalu memberikan penanganan sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan jika di Jember terdapat pasien yang diduga terjangkit virus Covid-19 tersebut”, ungkapnya. “Tetap selalu hidup bersih dan selalu mencuci tangan”,pesannya.

Selanjutnya dr. Erma Sulistyaningsih UNEJ mengatakan “ virus covid-19 ini satu keluarga dengan virus SARS dan MERS yang familinya di sebut Coronadea. Jadi virus Covid-19 ini sebenarnya sudah ada hanya saja memiliki varian baru.

“Virus ini disebut juga Zoonosis atau bisa menular dari hewan ke manusia. Antisipasinya adalah selalu hidup sehat dan selalu mencuci tangan. Jangan lupa selalu waspada dan jangan panik untuk menghadapi wabah dari virus covid-19 tersebut”,jelasnya.

Senada dengan pemateri sebelumnya dr. Angga Mardro Raharjo, Sp.P. UNEJ  juga memaparkan bahwa virus Covid-19 ini cara penularannya adalah melalui dropled atau air liur.

“Jangan panik dan tetap selalu waspada, Virus ini akan mati jika terkena sinar ultra violet”,katanya.

Setelah pemaparan ketiga pemateri, acara dilanjutkan dengan diskusi interaktif.

Penulis: kukuh
Editor/publikasi: sup/har
Dokumentasi: his

%d bloggers like this: