Praktikum Lapang Mahasiswa Program Studi Magister Pengelolaan Sumber Daya Air Pertanian Pascasarjana UNEJ

2/7/2018 Sungai merupakan salah satu sumber daya air yang sifatnya melintasi berbagai wilayah sesuai dengan batasannya. Konsep pengelolaan sungai yang diterapkan oleh pemerintah adalah one river one management. Oleh sebab itu mahasiswa didampingi dosen Program Studi Magister Pengelolaan Sumber Daya Air Pertanian Pascasarjana UNEJ melakukan kunjungan dan praktikum lapang di Perum Jasa Tirta I Malang.

Tujuan dari kegiatan ini adalah mengetahui aplikasi keilmuan pengelolaan sumber daya air dari matakuliah Pengelolaan Sumber Daya Air Terpadu, Ekonomi Lingkungan, Perilaku dan Konservasi Daerah Aliran Sungai, serta Analisis Kualitas Air.

Kegiatan ini diawali dengan pemaparan umum terkait aplikasi Integrated Water Resource Management (IWRM) pada wilayah kerja Perum Jasa Tirta I oleh Bapak Samsul selaku Manajer Utama Keuangan, Perencanaan dan Manajemen Kerja.

Kemudian dilakukan kunjungan ke labolatorium pengujian kualitas lingkungan. Kunjungan lapang ke Bendungan Karangkates juga dilakukan untuk mengetahui pendayagunaan sumber daya air sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air.

Output yang akan dihasilkan dari kegiatan ini adalah sebuah artikel terkait upaya konservasi sumber daya air yang akan diterbitkan ke salah satu jurnal berputasi. Selain itu dengan adanya kunjungan dan praktikum lapang ini mahasiswa Program Studi Magister Pengelolaan Sumber Daya Air Pertanian dapat mengetahui secara langsung pengelolaan sumber daya air dari aspek teknologi, sosial dan ekonomi. Respon positif juga diberikan oleh Perum Jasa Tirta I untuk kerja sama riset atau melakukan MoU dengan Universitas Jember.

Penulis: Hendra Andiananta Pradana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *