Refleksi Hari Pangan Sedunia Perlu Sinergi Antara Pemerintah, Ilmuwan dan Petani Untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan

Puspito1Jember, 15 Oktober 2016

Masalah pangan dan pertanian adalah masalah vital yang menyangkut hajat hidup manusia, bahkan turut menentukan perjalanan sebuah bangsa. Tidak heran jika PBB membentuk organisasi khusus yang menangani bidang pangan dan pertanian, Food And Agriculture Organization (FAO), yang berdiri 16 Oktober 1945. Kini tiap 16 Oktober diperingati sebagai Hari Pangan Sedunia.

Lantas bagaimana dengan Indonesia ? Bicara pangan dan pertanian di Indonesia, maka masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan mulai dari permasalahan ketahanan pangan, swasembada pangan hingga ketersediaan lahan. Sebagai perguruan tinggi yang berada di wilayah pertanian dan perkebunan, Universitas Jember turut terpanggil memberikan sumbangan nyata bagi pengembangan pangan dan pertanian di nusantara.

Menyambut Hari Pangan Sedunia yang di Indonesia akan diperingati di Boyolali, tim Pascasarjana Universitas Jember mewawancarai Agung Nugroho Puspito, Ph.D., dosen Program Magister Bioteknologi yang juga peneliti pada Center for Development of Advanced Science (CDAST), mengenai kondisi pangan dan pertanian di Indonesia, beserta sumbangan Universitas Jember bagi pangan dan pertanian Indonesia.

Bagaimana kondisi ketahanan pangan Indonesia saat ini?  Continue reading →

 

%d bloggers like this: