3P (Petani Pahlawan Pangan)

3P (Petani Pahlawan Pangan)

padi

Oleh : Wiji Lestari, S.TP
Mahasiswa Program Studi Magister Teknologi Agroindustri Universitas Jember

Indonesia adalah Negara Agraris. Sebagai Negara Agraris, kegiatan perekonomian sebagian besar penduduknya adalah di bidang pertanian. Ketika kita berbicara tentang pertanian, maka yang akan terlintas pertama di benak kita adalah petani dan pangan. Keduanya memang tidak dapat dipisahkan. Petani dikenal sebagai pemenuh kebutuhan pangan manusia.

Kegiatan utama petani adalah bercocok tanam di lahan sawah, ladang dan kebun. Tanaman yang mereka tanam sebagian besar adalah tanaman pangan seperti padi, jagung, dan kedelai. Mereka berusaha mencukupi kebutuhan pangan keluarganya, bahkan masyarakat di sekitarnya. Penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani banyak sekali jumlahnya. Apalagi bagi mereka yang tinggal di pedesaan, rata-rata bermata pencaharian sebagai petani. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, kini banyak Negara – Negara Agraris yang berubah menjadi negara industri. Kegiatan pertanian berubah menjadi kegiatan perindustrian. Lahan-lahan pertanian yang awalnya digunakan untuk bercocok tanam tanaman pangan berubah fungsi menjadi bangunan besar dan megah tempat kegiatan industrialisasi. Petani yang awalnya dapat bercocok tanam kehilangan pekerjaannya. Lalu bagaimana nasib keluarga petani apabila mereka kehilangan pekerjaannya? Pekerjaan apa yang dapat mereka lakukan untuk tetap bisa bertahan hidup? Bagi orang yang memiliki keahlian lain selain bercocok tanam mungkin dapat mencari pekerjaan. Akan tetapi bagaimana nasib petani yang hanya memiliki keahlian bercocok tanam?

Masalah pertanian bukan hanya masalah petani, tetapi pemerintah juga harus ikut ambil bagian di dalamnya. Karena masalah ini menyangkut ketahanan pangan suatu Negara. Pemerintah harus mampu mempertahankan lahan pertanian tetap menjadi tempat kegiatan bercocok tanam, bukan tempat kegiatan industri. Lahan pertanian penting bagi Negara Agraris seperti Indonesia. Karena melalui kegiatan pertanian inilah suatu Negara dapat mempertahankan ketahanan pangan.

Pangan adalah kebutuhan utama makhluk hidup. Dengan pangan, makhluk hidup dapat bertahan hidup. Oleh karena itu, pemerintah bersama sama dengan petani dan seluruh lapisan masyarakat harus bekerja sama untuk mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia. Pemerintah harus turut andil dalam kegiatan pertanian yang dilakukan oleh petani, misalnya memberikan penyuluhan dan pelatihan di bidang pertanian dan mau mendengar suara hati petani.

SELAMAT HARI PANGAN SEDUNIA, 16 OKTOBER 2016            
SEMOGA INDONESIA SEMAKIN SEJAHTERA

Tags
%d bloggers like this: