Dedie Priyas Yulianto : Eduroam (education roaming) adalah layanan roaming internasional untuk pengguna dalam lingkup penelitian, pendidikan tinggi dan pendidikan lanjutan.

Kepala Divisi Jaringan UPT. Teknologi Informasi Dan Komunikasi UNEJ Dedie Priyas Yulianto dihadapan mahasiswa baru Pascasarjana UNEJ Tahun Akademik 2019/2020 dalam acara Pengenalan Kehidupan Kampus memperkenalkan program terbaru UNEJ dalam meningkatkan layanan Jaringan internet bertempat di aula lantai III Gedung Pascasarjana UNEJ.

Program Baru tersebut disebut Eduroam (education roaming) adalah layanan roaming internasional untuk pengguna dalam lingkup penelitian, pendidikan tinggi dan pendidikan lanjutan.

“Eduroam memberi para peneliti, dosen dan mahasiswa akses jaringan internet yang mudah dan aman ketika mengunjungi sebuah perguruan tinggi lain”,katanya.

“Otentikasi pengguna dilakukan oleh perguruan tinggi/lembaga asal mereka, menggunakan kredensial (user and password) yang sama seperti ketika mereka mengakses jaringan internet di kampus mereka dan Pengguna tidak perlu membayar untuk menggunakan eduroam”,imbuhnya..

Daftar Perguruan Tinggi yang telah menggunakan Eduroam diantaranya: Universitas Sumatera Utara, Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Islam Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Brawijaya,Universitas Jember, Stenden University Bali, Universitas Hasanuddin, dan banyak lagi yang akan bergabung dengan eduroam dan tersebar dan dapat digunakan pada 101 negara. Informasi lengkap eduroam di website uptti.unej.ac.id. (har)

%d bloggers like this: