Diskusi Penanganan Banjir Desa Wono Asri

Jember, 16 April 2018

Dr. Ir. Sugeng Winarso, M.Si peneliti bidang pengelolaan sumber daya air sekaligus Wakil Direktur Pascasarjana Universitas Jember mengatakan, untuk mengatasi persoalan banjir yang sering kali merendam kawasan Desa Wono Asri Kecamatan Tempurejo Kabupaten Jember kala musim hujan, diperlukan sinergi pemerintah dan masyarakat secara serius. Salah satu langkah kecil yang bisa dilakukan oleh masyarakat adalah dengan membuat sumur resapan secara masal agar air hujan tidak langsung mengalir ke sungai. Sumur resapan ini berfungsi untuk menyimpan air hujan di dalam tanah agar bisa dimanfaatkan saat kemarau.


Hal itu disampaikan oleh Sugeng Winarso dalam acara Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Konservasi Sumber Daya Air Mendukung Pembangunan Berkelanjutan Di Taman Nasional Meru Betiri” bersama perwakilan organisasi masyarakat Wono Asri di Balai Desa Wono Asri Kecamatan Tempurejo Jember, (14/04). Acara ini terselenggara atas Kerjasama Pascasarjana Universitas Jember dengan SDGs Center Universitas Jember.

Winarso mengatakan, pemerintah bersama-sama masyarakat perlu melakukan normalisasi fungsi hutan dengan melakukan penanaman hutan-hutan yang setiap tahun luasannya semakin berkurang. Selengkapnya

Tags
%d bloggers like this: