FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS JEMBER MEMBUKA PROGRAM MAGISTER TEKNIK MESIN

Jpeg

Jember  13.05.2016. Universitas Jember membuka Program Studi baru, Magister Teknik Mesin yang notabenenya dibawah naungan Fakultas Teknik Universitas Jember. Surat keputusan yang dituangkan dalam Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi nomor 79/KPT/I/2015 tersebut sesuai permohonan Rektor Universitas Jember pada tanggal 26 Februari 2016, pemberian kuasa pembentukan prodi baru Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Sekjend Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi kepada Universitas Jember melalui Rektor Universitas Jember disebutkan untuk menambah kualitas pendidikan dan memenuhi kebutuhan Magister teknik terutama Teknik Mesin.

Ditemui terpisah Pembantu Dekan I Teknik, Dr. Tri Wahju Hardianto, S.T., M.T mengatakan, “ pembukaan Program Studi Magister Teknik Mesin untuk memenuhi kebutuhan master-master Teknik Mesin secara nasional”. Dosen lulusan Nagaoka University of Technology Jepang Tahun 2008 ini menambahkan “ kalo di luar negeri mahasiswa setelah lulus Strata Satu kebanyakan akan menempuh kembali  Strata Dua dengan Kualifikasi yang sama untuk mengembangkan keilmuannya”.

Dr. Tri Wahju berharap pada saat pembukaan Magister Teknik Mesin ini bisa dan mampu menambah kualitas keilmuan dan keinginan para mahasiswa untuk melanjutkannya di Strata Dua  “kita mencoba dan berharap mahasiswa freshgraduate untuk melanjutkan kuliah di Strata Dua”, imbuhnya.

Beliau berharap saat Magister Teknik Mesin dibuka dapat mampu menjaring calon mahasiswa sebanyak banyaknya, minimal perkelas 15 orang mahasiswa, sedangkan calon-calon mahasiswa yang akan masuk dan menjadi mahasiswa Program Magister Teknik Mesin pada pembukaan semester pertama ini diharapkan linier dengan Strata satu sesuai ijazah yang dimiliki masing-masing mahasiswa.

Lebih lanjut Tri Wahyu mejelaskan bahwa” Program Studi Magister Teknik Mesin menerima Lulusan dari Strata Satu teknik mesin, dan menerima dari program studi lain, terutama yang memiliki kemiripan studi perkuliahan, namun harus tetap menggunakan tata cara standart untuk menyesuaikan mata kuliah yang akan diajarkan baik dengan cara matrikulasi atau dengan metode lain”.

Pria muda asal kelahiran Jember 26 August 1970 yang juga pernah menjadi Supervisor Program Kreativitas Mahasiswa, Accepted to PIMNAS pada 2009 lalu dan memiliki segudang prestasi lainya, ini menuturkan “kita siap untuk memberikan yang terbaik bagi universitas umumnya dan para mahasiswa Magister Teknik khususnya lebih khusus lagi para alumninya”. Fakultas Teknik juga telah menyediakan dosen-dosen yang memiliki kualitas, spesifikasi dan kredibilitas tinggi untuk menjadi pengajar di Strata Dua (Magister) Teknik Mesin. Dengan spesifikasi doktoral rata-rata lulusan univeritas  ternama baik dari dalam maupun luar negeri. (ysk)

Tags
%d bloggers like this: