Gelar “publication science camp” , Pascasarjana Universitas Jember Bekali Mahasiswa Kemampuan Publikasi Artikel Ilmiah.

17 Desember 2019, Prof. Rudi Wibowo, Direktur Pascasarjana UNEJ saat memberikan sambutan dalam acara “publication science camp” Pascasarjana Universitas Jember di di hotel ijen view Bondowoso,

Selasa, 17 Desember 2019, Pascasarjana Universitas Jember menyelenggarakan kegiatan “publication science camp”  yang diselenggarakan di hotel ijen view Bondowoso, Kegiatan ini berlangsung selama dua hari hingga 18 desember 2019 yang diikuti oleh Ketua Program Studi masing masing Prodi,  Dosen pendamping jurnal  dan  Mahasiswa yang terdiri dari Prodi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Magister Bioteknologi, Magister Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan serta Program Doktor  Ilmu Administrasi Negara Universitas Jember.

Prof. Rudi Wibowo, Direktur Pascasarjana UNEJ dalam sambutannya mengatakan dari hasil angket yang dibagikan kepada peserta mahasiswa sebelum kegiatan,  ada beberapa poin yang didapat bahwa penelitian yang telah dilakukan peserta mahasiswa, 57,1 % menjawab sudah dan 42,9 % menjawab belum  dan sebagian peserta mahasiswa kesulitan dalam mengolah, membahas data penelitian menjadi data artikel ilmiah.

“Program ini harus sinergi antara dosen  pendamping dan mahasiswa sehingga memiliki efek positif , efek positif yang dimaksud adalah kesiapan mahasiswa menyelesaikan publikasi artikel ilmiahnya”tuturnya.

“Program kegiatan ini diharapkan berkelanjutan sehingga memberikan akses bagi mahasiswa yang telah menempuh semester empat atau lebih untuk menyelesaikan publikasi artikel ilmiahnya”, imbuhnya.

Ketua Program Studi Magister Bioteknologi Pascasarjana UNEJ, Prof. Tri Agus Siswoyo  sebagai pemateri satu memaparkan salah satu trik untuk membuat artikel yang unik, menarik dan berbeda dengan yang lain adalah mengangkat masalah yang sesuai dengan trend kasus baru yang sedang terjadi dan belum pernah diangkat dalam penelitian sebelumnya.

“salahsatu cara untuk melihat trend terbaru adalah dengan aktif pada himpunan profesi dan melihat di google trend dan jurnal jurnal dengan publikasi terbaru”,katanya.

“Penelitian yang baik adalah penelitian yang hasilnya dapat berkontribusi terhadap keilmuan dan kemajuan dunia pendidikan. Ciri-ciri penelitian yang berkualitas adalah: masalah tersebut penting untuk diangkat, menarik untuk dibahas, memiliki novelty atau pembaharuan masalah, menggunakan metode yang valid, memenuhi standart internasional baik secara kualitas dan kuantitas, dan tidak tercatat sebagai penelitian yang terindikasi plagiarisme”, jelasnya.

“Strategi dalam submit artikel agar dapat di accept oleh jurnal internasional yang terindex scopus adalah dengan memilih jenis jurnal internasional yang telah terindex scopus, melengkapi komposisi struktur atikel yang disyaratkan jurnal tersebut, melakukan general structure of research article, mengkaji dan membahas temuan utama yang penting dalam forum diskusi dengan penulis maupun pembimbing”, sarannya.

Pemateri kedua Dosen dan peneliti Universitas Jember Dr. Hardian Susilo Addy menyampaikan pembahasan tentang teknik penulisan artikel yang dimulai dari hal penting dan utama adalah membuat judul semenarik mungkin sehingga reviewer tertarik dan mudah menerima artikel yang kita submit.

“Tulislah judul terakhir sebagai bentuk kesimpulan hasil penelitian, selanjutnya dalam penulisan latar belakang harus terdapat scientific statement yang cukup menantang untuk membuat pembaca meneruskan membaca artikel kita, namun scientific statement tersebut harus berdasarkan pada kajian ilmiah dan jurnal ilmiah yang mendasari penelitian tersebut”ucapnya.

Di akhir acara setiap peserta diwajibkan membuat manuskrip hasil penelitian dari data yang dimiliki untuk membuat draft artikel dengan tujuan submit jurnal.

Tim jurnal multidisciplinary Pascasarjana Universitas Jember melaksanakan pendampingan dan review artikel ilmiah untuk publikasi

Selain kegiatan “publication science camp” secara bersamaan Tim jurnal multidisciplinary Pascasarjana Universitas Jember melaksanakan pendampingan dan review artikel ilmiah untuk publikasi multidiciplinary journal dengan melibatkan 10 reviewer dan masih didominasi oleh bidang kesehatan, Targetnya adalah publikasi jurnal Multidiciplinary Journal volume 2 dengan 10 artikel dengan melalui sistem OJS yaitu submite, disktribusi ke reviewer untuk direview, hasil review diunggah untuk diperbaiki penulis, diunggah hasil perbaikan, evaluasi untuk produksi, dan produksi secara online (open access) dan hard untuk pengurusan ISSN. Multidiciplinary Journal dapat diakses dengan link berikut: http://jurnal.unej.ac.id/index.php/multijournal.

(novitasari/har)

%d bloggers like this: