HUBUNGAN ANTARA KESEHATAN DAN PERTUMBUHAN EKONOMI

  • WHO-1948: “Health is a state of complete physical, mental and social well-being and not merely the absence of disease or infirmity”
  • UU 23 tahun 1992 tentang kesehatan: “Sehat adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi”.
  • UU 36 tahun 2009 tentang Kesehatan: “Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial maupun ekonomis
1

Dr. Budihardja M Singgih, DTMH, MPH.

Uraian diatas adalah salah satu materi pembahasan dalam Kuliah Perdana Program Pascasarjana Universitas Jember Tahun Akademik 2016/2017 yang disampaikan oleh Dr. Budihardja M Singgih, DTMH, MPH.

Kuliah Perdana dilaksanakan Hari Selasa 20 September 2016 bertempat di gedung Soetardjo Universitas Jember yang di hadiri Ketua Program Studi  Pascasarjana Universitas Jember dan  ikuti sekitar 420 Mahasiswa Baru Program Doktor dan Magister  Universitas Jember Tahun Akademik 2016/2017.

3

Prof. Dr. Ir. Rudi Wibowo, MS.

Dalam sambutannya Direktur Program Pascasarjana Universitas Jember Prof. Dr. Ir. Rudi Wibowo, MS mengatakan perlu adanya semangat dari rekan- rekan mahasiswa untuk terus berkarya dan memberikan sumbangsih keilmuan bagi masyarakat.” Tahun depan Universitas Jember akan mengupayakan  menambah Program Studi Monodisplin dan Multidisplin”, tuturnya.

2

Drs. Moh. Hasan, M.Sc., Ph.D.

Rektor Universitas Jember Drs. Moh. Hasan, M.Sc., Ph.D dalam pembukaan mengatakan Mahasiswa harus lulus tepat waktu dan terus berusaha untuk mempresentasikan hasil karyanya di tingkat Internasional dan Nasional. “ Tidak ada alasan mahasiswa Pascasarjana beralasan karena waktu, yang bekerja harus bisa mengatur waktu semaksimal mungkin supaya bisa terus berkarya” ungkapnya.

4

Drs. Zulfikar, Ph.D.

Pembantu Rektor I  Drs. Zulfikar, Ph.D  memaparkan perkembangan pendidikan Universitas Jember dan berharap Mahasiswa Pascasarjana Universitas Jember semakin meningkatkan kualitas supaya berdaya saing bagi kepentingan Bangsa. (Hr)