LOKAKARYA PENGELOLAAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS)

Probolinggo, 6 November 2019

Civitas Prodi Magister Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (PSDAL) Pascasarjana Universitas Jember (UNEJ) yang tergabung dalam Forum DAS Brantas Sampean yaitu Prof. Dr. Indarto, S.TP, DEA dan Dr. Luh Putu Suciati, S.P, M.Si dengan dua mahasiswa PSDAL berpartisipasi dalam Lokakarya Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS). Kegiatan Lokakarya diprakarsai oleh FORDAS Brantas Sampean bekerjasama dengan BPDASHL Brantas Sampean.  Partisipasi para pihak sangat baik pada Lokakarya yang di dilaksanakan di Hotel Tampiarto, Probolinggo, Jawa Timur. Beberapa stakaholder yang berpartisipasi adalah Dinas Kehutanan Jawa Timur, Perhutani Divisi Regional Jawa Timur, Bappeda Kab. Probolinggo, Malang dan kota Batu, BPDB Provinsi Jawa Timur, Jasa Tirta, Pihak akademisi seperti Pascasarjana UNEJ, Universitas Muhammadiyah Jember, Universitas Brawijaya serta Pihak Industri seperti PT. Bromo Tirta Lestari selaku produsen air mineral. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan peran serta para pihak dalam perbaikan kesehatan DAS serta untuk menggali isu-isu strategis untuk membuat aksi bersama untuk keberlanjutan DAS.

Acara dibuka oleh Imam Suyuti S.Hut selaku ADM Perhutani Divisi regional Jawa Timur dan Ir. Sasmitohadi, M.Si selaku ketua Forum DAS Sampean Brantas. Dalam pembukaannya dipaparkan beberapa isu terkait DAS, dimana di seluruh Jawa Timur kondisi DAS sudah mengalami kerusakan dan dapat dikatakan kritis.  Berdasarkan analisis Forum DAS Brantas Sampean terdapat 2 DAS di Jawa Timur yang menjadi prioritas untuk segera dilakukan konservasi yaitu DAS Brantas dan DAS Solo.

Perlu adanya persamaan persepsi para pihak baik pembuat kebijakan, pelaksana, akademisi, industri dalam proses perbaikan kesehatan DAS.

Acara kemudian dilanjutkan presentasi beberapa data dan hasil evaluasi beberapa kebijakan dengan judul sebagai berikut

  1. Kebijakan Pengelolaan DAS di wilayah Provinsi Jawa Timur oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur
  2. Sinkronisasi program pembangunan daerah dengan pengelolaan DAS oleh kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur
  3. Kinerja DAS pada wilayah kerja BPDASHL Brantas Sampean oleh Kepala BPDASHL Brantas Sampean Jawa Timur
  4. Konservasi Tanah dan Air untuk memperbaiki kondisi kesehatan ekosistem DAS di Jawa Timur oleh Dr. Ir. Didik Suprayogo, M.Sc
  5. Pemberdayaan masyarakat dalam rangka memperbaiki ekosistem hutan di kawasan Hutan Perum Perhutani Jawa Timur oleh Kepala Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur.
  6. Kiat kiat peningkatan peran serta masyarakat dalam pengelolaan DAS oleh Ketua Forum DAS Brantas Sampean.

Hasil Lokakarya Pengelolaan DAS berupa rumusan isu strategis dan identifikasi peran para pihak terkait penanganan beberapa DAS Kritis di Jawa Timur untuk memperkuat peta jalan (roadmap) pengeloaan DAS kritis di Jawa Timur. Selanjutnya setiap periode akan diagendakan kegiatan penelitian, pengabdian dan pembelajaran yang mendukung konservasi DAS. (*)

Tags
%d bloggers like this: