Mangrove Merupakan Ekosistem Dengan Fungsi Yang Unik Dalam Lingkungan Hidup.

Sabtu, 16 Desember 2017 Dosen dan Mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Pascasarjana  Universitas Jember mengadakan kegiatan “Penanaman Mangrove”guna mengurangi/mencegah Rob dan Abrasi di lingkungan Dusun Kalimalang, Desa Mayangan, Kecamatan Gumukmas, Jember.

Kegiatan ini dilakukan oleh Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas Jember dalam melakukan kegiatan non-formal dalam rangka memenuhi tugas Kesehatan Lingkungan dan K3.

Mangrove merupakan ekosistem dengan fungsi yang unik dalam lingkungan hidup. Oleh karena itu, dengan adanya pengaruh laut dan daratan, dikawasan mangrove terjadi interaksi kompleks antara sifat fisika dan sifat biologi. Karena sifat fisiknya, mangrove mampu berperan sebagai penahan ombak serta penahan intrusi dan abrasi laut.

Mahasiswa dapat menambah wawasan, pengetahuan dan sikap peduli terhadap lingkungan sebagai bentuk peningkatan kualitas lingkungan di sekitar Dusun Kalimalang, Desa Mayangan, Kecamatan Gumukmas, Jember.

“Kami senang sekali dengan kegiatan ini karena menambah wawasaan , pengetahuan, dan sikap peduli”, ungkap salah satu mahasiswa. (hr)

%d bloggers like this: