Memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-108 Tahun 2016.

rektor_unej-620x279

Sumber Foto: https://unej.ac.id

Universitas Jember mengadakan Upacara bendera memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang ke-108 Jum’ at 20 Mei 2016 dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Jember Drs. Moh. Hasan, M.Sc., Ph.D dan diikuti oleh seluruh warga Universitas Jember  bertempat di lapangan upacara Universitas Jember.

Kebangkitan Nasional adalah masa bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran rakyat Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Masa ini ditandai dengan dua peristiwa penting yaitu berdirinya Boedi Oetomo ( 20 Mei 1908) dan ikrar Sumpah Pemuda(28 Oktober 1928).

Dalam sambutannya Drs. Moh. Hasan, M.Sc., Ph.D mengatakan” Kita bersyukur Sumber Daya Manusia Bangsa Indonesia menjadi lebih baik dan di Hari Kebangkitan Nasional ini mari kita  bersama–sama mewujudkan bangsa yang bersatu dan bermartabat“. Dalam konteks Universitas Jember baru-baru ini Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi menunjuk Universitas Jember sebagai pusat unggulan di bidang Bioteknologi.

Universitas Jember memiliki “Center for Development of Advance Science and Technology” (CDAST) yang merupakan pusat pengembangan ilmu dan teknologi unggulan bertaraf internasional yang berwawasan lingkungan dan agroindustri, serta mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses penelitian, pendidikan dan pengabdian masyarakat disamping itu, dengan telah dibukanya Program Pascasarjana Magister Bioteknologi diharapkan Universitas Jember mampu  menghasilkan riset yang berguna bagi masyarakat.

Pimpinan dan staff Program Pascasarjana Universitas Jember juga mengikuti upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Nasional tersebut. Hal ini sebagai bentuk penghormatan atas perjuangan para pahlawan. Sekretaris Program pascasarjana Dewi Prihatini, S.E., M.M., Ph.D. mengatakan “bangsa yang telah berusaha bangkit dari penderitaan bangsanya, yang tidak mau hanya berdiam diri. Di motori oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo, kerinduan dan cita-cita akan adanya perubahan bagi bangsa Indonesia terus menyebar dan menggelora dalam diri pemuda pada saat itu. Untuk itu sebagai generasi penerus bangsa pada masa modern ini, mari kita segera melakukan perubahan bagi bangsa Indonesia dan jangan menunggu orang bergerak terlebih dahulu. Perubahan bisa dimulai dari diri sendiri. Perubahan yang kita lakukan akan menentukan perubahan bagi bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik.(Hr)

Tags
%d bloggers like this: