NILAI-NILAI PANCASILA ADALAH PENGKRISTALAN DARI BUDAYA LUHUR BANGSA INDONESIA SEHINGGA MEMILIKI MAKNA YANG RELIGIUS DAN UNIK.

taufiq

MUCHAMAD TAUFIQ, S.H., M.H. Mahasiswa Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Jember mengatakan ” Nilai-nilai Pancasila adalah pengkristalan dari budaya luhur bangsa Indonesia sehingga memiliki makna yg religius dan unik. Nilai-nilai ini paripurna, komplit dan kompleks bagi bangsa Indonesia yang jika diterapkan akan mampu mengantar menjadi “manusia yang waras ditengah zaman yang tidak waras”. Nilai-nilai Pancasila saya yakini mampu menjadikan “a better world.”

Pancasila sebagai Dasar Negara adalah “moral code” dalam hidup berbangsa dan bernegara sehingga Pancasila harus diartikan sebagai pedoman dalam mengurus segala hal terutama di pemerintahan, politik dan kemasyarakatan.

“Sudah waktunya kita tidak hanya bangga beratribut, justru jauh lebih penting adalah mengamalkannya  dalam kehidupan sehari-hari, dimana dan kapan saja. Pancasila harus ada di jiwa dan disetiap tarikan nafas kita,”tuturnya.

“Kepada pemerintah saya berharap untuk mewujudkan secara konkret melalui kebijaksanaan yang riil dalam mengimplementasikan Pancasila, kembalikan eksistensi Pancasila dalam kurikulum secara lebih tegas, maknai Pancasila secara utuh, secara hierarkhis dan sebagai kesatuan nilai yang tidak dapat saling dipisahkan pemaknaan dan implementasinya,”ungkapnya.

“Kepada generasi muda, sebenarnya kalian cukup jauh berpaling dari nilai-nilai Pancasila secara utuh, entah karena ketidaktahuan, atau karena lingkungan yang sudah sulit menemukann sosok Pancasilais sebagai panutan. Semoga melalui Hari  Pancasila menjadikan generasi mendatang lebih sadar bahwa Nilai Pancasila adalah yang terbaik bagi bangsa Indonesia,”ucap Taufik penuh semangat. (hr)