Pascasarjana Universitas Jember Gelar Pelatihan Kearsipan

Sambutan Wakil Direktur II Pascasarjana Prof. Dr. M. Arief Amrullah, S.H., M.Hum didampingi Kepala UPT Kearsipan  Universitas jember Trayo Sasti Hardiani, S.E. dan Koordinaor Tata Usaha Pascasarjana Diyah Lidia Dwiretnani, S.H

Pascasarjana Universitas Jember mengadakan pelatihan Penataan dan Klasifikasi Kearsipan Perkantoran (24-26 September 2021) yang dihadiri Wakil Direktur II Pascasarjana Prof. Dr. M. Arief Amrullah, S.H., M.Hum dan Kepala UPT Kearsipan  Universitas jember Trayo Sasti Hardiani, S.E.

Dalam sambutannya Prof. Arief Amrullah mengatakan kegiatan pelatihan bagi tenaga kependidikan harus terus dilakukan secara rutin untuk meningkatkan sumberdaya tenaga kependidikan dalam bekerja.

“Terus melaksanakan kegiatan pelatihan bagi tenaga kependidikan supaya sumberdaya tenaga kependidikan dalam bekerja meningkat sehingga layanan di Pascasarjana Universitas Jember bisa secara optimal melayani dosen dan mahasiswa”, ungkapnya.

Pelatihan kearsipan menurut Prof. Arief Amrullah sangatlah penting supaya penataan arsip di Pascasarjana tertata semakin baik.

“Saya berharap teman-teman Tenaga kependidikan mengikuti acara ini dengan serius apa yang disampaikan oleh narasumber kemudian mengaplikasikan dalam bidang pekerjaannya”, tuturnya.

Acara kemudian dilanjutkan penyampain materi dari Trayo Sasti Hardiani, S.E. dengan memaparkan pentingnya pengelolaan kearsiapan.

Trayo Sasti Hardiani, S.E. mengatakan banyak hal yang perlu dipahami dalam bidang arsip diantaranya menerima dan mengumpulkan arsip, mengumpulkan, menganalisis dan menyajikan data yang berhubungan dengan arsip Dinamis, inaktif, akuisisi arsip, pelestarian arsip dan arsip media baru serta arsip yang akan disusutkan dan melaksanakan pemeliharaan, pengawasan, penyimpanan, perawatan arsip inaktif serta penyelamatan arsip statis.

“Selain itu dalam hal arsip juga melaksanakan penilaian dan penyusutan arsip inaktif, menyelenggarakan penyelamatan sumber-sumber kearsipan, melaksanakan transkrip dan transliterasi arsip, menyelenggarakan pelaksanaan alih media dan otomasi arsip dan menyelenggarakan pengolahan dan penataan arsip statis “, jelasnya.

Arsiparis Universitas Jember Siti Chalimah dan Citra Puspita Anggraeni, A.Md.

Kemudian dilanjutkan materi serta praktek langsung oleh peserta yang dipandu oleh arsiparis Universitas Jember Siti Chalimah dan Citra Puspita Anggraeni, A.Md. (har)

%d bloggers like this: