Pascasarjana Universitas Jember mengadakan kegiatan Konsinyering Penyusunan Soal TPA dan TKBI

Ket. Foto: Dari Kanan Dr. Erfan Yudianto, S.Pd., M.Pd., Prof. drg. Mei Syafriadi, Ph.D, Dr. Aan Erlyana Fardhani, M.Pd., Dr. Ir. Bambang Marhaenanto, M.Eng, Moh. Fadil, S.Pd. dan Ilzam Mahfudurido, S.Pd., M.Li.

Pascasarjana Universitas Jember mengadakan kegiatan Konsinyering Penyusunan Soal Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Bahasa inggris (TKBI) yang dihadiri Wakil Direktur I Prof. drg. Mei Syafriadi, Ph.D dan Wakil Direktur II Prof. Dr. M. Arief Amrullah, S.H., M.Hum selama tiga hari (29-31 Oktober 2021) bertempat di Hotel Illira Banyuwangi yang diikuti oleh Penyusun soal ( Prof. Drs. I Made Tirta, M.Sc., Ph.D., Dra. Anastasia Erna Rochiyati Sudarmaningtyas, M.Hum., Dr. Erfan Yudianto, S.Pd., M.Pd., dan Dr. Aan Erlyana Fardhani, M.Pd.), Fasilitator ( Dr. Ir. Bambang Marhaenanto, M.Eng., Arif Fatahillah, S.Pd., M.Si., Agung Nugroho Puspito, SPd., M.P., Ph.D., Moh. Fadil, S.Pd. dan Ilzam Mahfudurido, S.Pd., M.Li.)  dan Tendik Pascasarjana Universitas Jember.

Focus Group Discussion penyusunan soal TPA dan TKBI yang mengacu kepada standarisasi Proses penyusunan tes seleksi mahasiswa baru yang beracuan pada standar yang sudah ditetapkan sebelumnya sering dikenal sebagai standarisasi tes seleksi mahasiswa baru. Adapun persyaratan di dalam membuat tes seleksi mahasiswa baru yang standar adalah: score TPA untuk Magister (S2) adalah 450 dan TKBI 450 sedangkan score TPA untuk Doktor (S3) adalah 500 dan TKBI 500, untuk pencapaian standar skor yang ditentukan tersebut maka instrumen soal ujian memiliki kisi-kisi tes yang jelas, memenuhi uji validitas isi, memenuhi reliabilitas respon antar-rater, memenuhi tingkat kesulitan butir, memenuhi tingkat daya beda butir, memenuhi efektivitas peran pengecoh, memenuhi validitas butir, dan memenuhi reliabilitas tes.

Dalam sambuatannya Prof. drg. Mei Syafriadi menjelaskan bahwa kegiatan kali ini dibagi 2 kelompok yaitu kelompok TPA dan Kelompok TKBI dengan target yang diharapkan yaitu mendapatkan 2 buku soal untuk masing-masing jenis tes.

“Penyusunan soal selama 3 hari bertujuan meningkatkan performance soal agar memenuhi yang diharapkan Pascasarjana sehingga mahasiswa baru program doktor (S3) dan Magister (S2) bisa tercapai rata-rata skor minimal yang ditetapkan”,ungkapnya.

Selanjutnya TIM bekerja dengan maksimal untuk menyelesaikan target yang telah ditentukan, pembuatan soal dan input di sistem CBT.

Pada akhir acara penutupan Prof. Dr. M. Arief Amrullah, S.H., M.Hum mengapresiasi Tim dan berterima kasih telah bersama-sama bekerja untuk Pascasarjana Universitas Jember semakin baik. (har)

%d bloggers like this: