PENANAMAN MANGROVE DI PANTAI PAYANGAN AMBULU JEMBER

IKM

Program Pascasarjana Universitas Jember Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat mengadakan kegiatan penanaman mangrove di pantai Payangan Ambulu. Minggu, 9 Oktober 2016 yang diikuti oleh mahasiswa yang menempuh peminatan Kesehatan Lingkungan dan Keselamatan Kerja (K3).

Tujuan dari Kegiatan ini  agar para mahasiswa tidak hanya memahami teorinya semata. Melainkan para mahasiswa mempunyai output yang jelas dan dapat di pergunakan dalam lingkungan sekitar kita dan diharapkan para mahasiswa dapat menerapkan teori – teori yang telah mereka dapatkan serta  sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat.

Kustin, S.KM salah satu mahasiswa yang aktif dalam kegiatan ini mengatakan” adapun kegiatan penanaman mangrove memiliki banyak manfaat salah satunya adalah menjaga garis pantai agar tetap stabil artinya kehadiran hutan mangrove di pesisir sangat berperan penting dalam menjaga garis pantai agar tetap stabil. Mengingat, kehadiran populasi pohon dan semak yang ada pada hutan mangrove tersebut dapat melindungi tepian pantai dari terjangan ombak langsung yang berpotensi menghantam dan merusak bibir pantai. Hutan mangrove mampu meredam energi dari terjangan gelombang arus air laut tersebut. Rumpun-rumpun tanaman bakau mampu memantulkan, meneruskan dan menyerap energi gelombang yang datang, sehingga gelombang yang sampai ke sisi pantai hanya riak-riaknya saja”.

“Melindungi pantai dan tebing sungai dari kerusakan, seperti erosi atau abrasi.
Sebagaimana tebing gunung atau jurang yang gundul berpotensi mengalami erosi atau terkikis oleh aliran air hujan. Demikian juga halnya dengan bibir pantai yang gundul tanpa tanaman. Kehadiran populasi tanaman bakau dan populasi tanaman mangrove lainnya, sangat berperan penting dalam menjaga dan melindungi bibir pantai dari bahaya erosi atau abrasi”, jelasnya.

Senada dengan penjabaran Kustin, Moch. Riza Herwanto, S.KM. mengatakan” mangrove juga bermanfaat sebagai habitat alami bagi berbagai biota darat dan laut. Keberadaan hutan mangrove mempunyai peran menjadi habitat alami berbagai biota laut. Seperti udang, berbagai jenis ikan dan sejenisnya. Karenanya sangat keliru jika ada yang dengan sengaja menebang hutan mangrove untuk tujuan memperluas tambak mereka. Karena, tindakan tersebut dapat merusak kelestarian biota-biota laut”.

“saya dan rekan – rekan ingin memberikan sumbangsih nyata bagi pelestarian alam” tutur kedua mahasiswa ini dengan penuh senyum. (hr)

%d bloggers like this: