Pentingnya Pasar Tradisional

Photo - Alamsyah

R. Alamsyah Sutantio

Mahasiswa S3 Ilmu Manajemen Universitas Jember

Kondisi yang kompleks dihadapi sebagian negara di dunia akibat Pasar Modern yang berdampak pada Pasar Tradisional. Peraturan Presiden No. 112 Tahun 2007 Tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan dan Toko Modern belum mengakomodasi kepentingan Pasar Tradisional. Fungsi dan peran Pasar Tradisional di Indonesia cukup strategis dalam perekonomian daerah. Hal ini dapat dilihat dari kontribusinya dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan menyerap tenaga kerja, karena menjadi sumber penghasilan bagi orang banyak.

Pasar Tradisional merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli yang ditandai dengan adanya transaksi penjual pembeli secara langsung dan biasanya ada proses tawar-menawar, yang secara psikologis memberi kepuasan kepada konsumen karena ada rasa kekeluargaan dengan saling bertegur sapa. Hal ini yang tidak ditemukan di Pasar Modern dimana pembeli dan penjual tidak bertransaksi secara langsung melainkan secara swalayan.

Untuk menjaga eksistensi Pasar Tradisional diperlukan regulasi dan revitalisasi dengan membangun sarana dan prasarana yang diperlukan guna  meningkatkan citra Pasar Tradisional yang bersih, aman, nyaman, efisien, dan berdaya saing dengan tetap memperhatikan fungsi dari pada Pasar Tradisional sebagai pilar ekonomi kerakyatan.

Banyaknya jumlah orang yang mencari mata pencarian di pasar tradisional hal ini membuktikan, bahwa Pasar Tradisional merupakan salah satu penyedia lapangan pekerjaan yang mampu mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Dalam UU No.7 tahun 2014, Pasar Tradisional disebut sebagai pasar rakyat untuk menghapus citra Pasar Tradisional yang selama ini memiliki kesan negatif.

Untuk menjaga eksistensi pasar tradisional kedepannya maka pemerintah pusat dan daerah harus memiliki mekanisme kontrol dan sistem pemantauan untuk menjamin kompetisi yang sehat antara Pasar Modern dan pasar tradisional sehingga kedua pasar bisa saling berkembang.