Prodi Magister Bioteknologi Pascasarjana Universitas Jember gelar Workshop “Imaging Analysis and Figure Preparation for Better Publication”.

Minggu, 22 September 2019 Prof. Shinjiro Ogita dari Prefectural University of Hiroshima memberikan workshop dengan tema “Imaging Analysis and Figure Preparation for Better Publication” di Gedung CDAST B lantai 2 Universitas Jember. Workshop ini dihadiri oleh mahasiswa dari Magister Bioteknologi, Fakultas Teknologi Pertanian, Fakultas MIPA, serta beberapa dosen dan staf peneliti di Universitas Jember dan Universitas Brawijaya.

Materi yang disampaikan menjelaskan mengenai analisis suatu gambar untuk tujuan publikasi.

Suatu gambar atau grafik dapat digunakan untuk menyusun manuskrip. Akan tetapi, tampilan yang tidak impresif pada gambar yang disajikan dapat memudahkan editor suatu jurnal publikasi dengan mudahnya menolak paper yang disubmitkan. Prof. Ogita merupakan salah satu member dari Japanese Society for Plant Cell and Molecular Biology dan juga salah satu Associate editor di jurnal Plant Biotechnology. Sebagai seorang editor jurnal atau juga reviewer jurnal, Prof Ogita setidaknya menerima satu hingga sepuluh publikasi untuk dicek setiap bulannya. Pengalaman tersebut membuat Prof. Ogita memahami bagaimana mempersiapkan tampilan gambar dalam jurnal dengan baik dan impresif.

Pembuatan judul, pembuatan abstrak, pemilihan keywords, dan tampilan yang baik pada gambar sangat menentukan keputusan penerimaan atau penolakan manuskrip secara cepat. Oleh karena itu keempat aspek tersebut harus memiliki keterkaitan satu dan yang lain. Kualitas resolusi dari gambar misalnya 100, 200, 300, dan 400 ppi menunjukkan perbedaan yang jauh apabila diperbesar hingga magnifikasi maksimum dan hal tersebut sangat mempengaruhi kualitas gambar pada jurnal saat dicetak

Salah satu software yang Prof Ogita jelaskan yaitu ImageJ (Image Processing and Analysis in Java) dengan link https://imagej.nih.gov/ij/index.html. Sebagai salah satu contoh analisis gambar, Prof Ogita memberikan contoh melalui data jurnal Prof Ogita dan mahasiswanya Bella Rhea Lavifa Sanjaya yang telah dipublikasi melalui collaborating research antara Universitas Jember dan Prefectural University of Hiroshima dengan judul “Application of fluorescent and UV-Vis detection methods to profile antimicrobial activity of cassava tissues for an efficient Agrobacterium-mediated transformation”. Gambar yang impresif dan mudah dipahami menjadi hal penting dalam suatu publikasi. (bella/har)

%d bloggers like this: