Prodi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas Jember Gelar Pelatihan Implementasi Lean Management : Kaizen Event

Himpuanan Mahasiswa (HIMA) Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas Jember menggelar kegiatan pelatihan implementasi Lean Management : Kaizen Event yang dilaksanakan selama dua hari yaitu pada tanggal 02 dan 03 Desember 2019.

Pelatihan ini mendatangkan pemateri yang ahli dalam bidangnya yaitu Divisi Rumah Sakit Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Dr. Firman, S.E., MPH. dan Kepala Bidang Perencanaan dan Pemasaran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidoarjo yaitu Ibu dr. Lakhsmie Herawati Yuwanita, M.Kes.

Dr. Firman, S.E., MPH (tengah) beserta KPS Prodi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Pascasarjana UNEJ Dr. Isa Ma’rufi, M.Kes., dan Panitia

Pelatihan implementasi Lean Management : Kaizen Event ini ditujukan untuk menambah pengetahuan tentang pemaksimalan sumberdaya dan kinerja serta pengefektifan setiap aspek dalam mengelola waste atau pemborosan yang ada di organisasi. Lean Management ini merupakan metode sistematis yang diimplementasikan secara berkesinambungan. Hal tersebut dilakukan dengan meminimalisir waste sehingga dapat mengefisiensikan yang dimiliki dan meningkatkan value. Kegiatan Lean Management ini melibatkan semua bagian dalam organisasi.

Dr. Firman mengungkapkan “saat ini kita dituntut untuk dapat melihat dan mengurangi waste yang ada pada setiap aspek dalam organisasi sehingga dapat menyediakan setiap keperluan yang dibutuhkan saja, dengan begitu kita dapat menghemat pengeluaran untuk overproduction, juga defect (kerusakan) yang terjadi akibat penumpukan barang, serta beberapa macam waste lain”.

pemateri beserta dosen dan beberapa peserta pelatihan

Kegiatan hari kedua diisi oleh dr. Lakhsmie dari kepala bidang perencanaan dan pemasaran RSUD Sidoarjo untuk memberikan pemaparan mengenai implementasi lean dan kaizen pada Rumah Sakit Umum Sidoarjo. dr. Lakhsmie memaparkan bagaimana implementasi lean management : kaizen event ini di rumah sakitnya meraih juara 1 green hospital.

dr. Lakhsmie (tengah) berserta pinitia, dosen, dan beberapa peserta pelatihan

“alhamdulilah, peserta yang terdiri dari mahasiswa Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Pascasarjana UNEJ dan peserta umum dari beberapa rumah sakit di Jember sangat antusias sekali”, ujar Khusnul selaku ketua panitia.

Pelatihan ini juga dilakukan pretest pada awal pelatihan dan posttest diakhir pelatihan untuk dapat mengetahui seberapa jauh peserta dapat memahami dari dilakukannya pelatihan ini. (roni/har)

%d bloggers like this: