Program Studi Magister Bioteknologi Pascasarjana Universitas Jember mengadakan kegiatan Akselerasi Akreditasi Internasional Melalui Sinkronisasi Dokumen Pembelajaran Berbasis Outcome Based Education (OBE)

Wakil Rektor I Universitas Jember Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D. didampingi Wakil Direktur I Pascasarjana Prof. drg. Mei Syafriadi, M.D.Sc., Ph.D., memberikan sambutan sekaligus membuka acara.

Program Studi Magister Bioteknologi Pascasarjana Universitas Jember mengadakan kegiatan Akselerasi Akreditasi Internasional Program Studi Magister Bioteknologi Melalui Sinkronisasi Dokumen Pembelajaran Berbasis Outcome Based Education (OBE) (17-19 November 2021) secara luring dan daring yang dibuka oleh Wakil Rektor I Universitas Jember Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D. dihadiri Wakil Direktur I Pascasarjana Prof. drg. Mei Syafriadi, M.D.Sc., Ph.D., Koordinator Program Studi Magister Bioteknologi Prof. Tri Agus Siswoyo, Ph.D bersama narasumber Dr.rer.nat. Sulistyo Emantoko Dwi Putra, Ketua Ikatan Program Studi Bioteknologi Indonesia dan Dr. Yudhi Nugraha S Putra, Investigador científico di Instituto de Salud Carlos III  bertempat di Hotel Java Lotus Jember yang diikuti oleh tim Pascasarjana, Fasilitator, dan undangan.

Program studi Magister Bioteknologi (PSMB) merupakan salah satu program studi magister multidisiplin yang dikelola olah Pascasarjana. PSMB memiliki visi menjadi Program Studi Magister Bioteknologi yang terkemuka dan unggul di bidang bioteknologi dengan berorientasi kepada pengembangan agroindustri untuk kepentingan akademik, masyarakat dan dunia kerja yang diakui secara nasional maupun internasional. Untuk merealisasi visi tersebut, maka PSMB memiliki salah satu misi yaitu menyelenggarakan pendidikan Program Studi Magister Bioteknologi dengan kurikulum perguruan tinggi berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan berstandar internasional yang fleksibel sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dalam sambutannya Wakil Rektor I Universitas Jember Prof. Drs. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D. berpesan Program Magister Bioteknologi diharapakan bisa mengikuti akreditasi internasional ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) yang merupakan salah satu lembaga akreditasi internasional yang diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

“Akreditasi Program Studi harus bagus supaya peminat yang ingin melanjutkan kuliah di Universitas Jember semakin meningkat dan dalam rangka menyelenggarakan pendidikan yang berstandar internasional Program Studi Magister Bioteknologi diharapkan berupaya untuk dapat meningkatkan standar penyelenggaraan pendidikan yang sesuai dengan standar internasional.”,katanya,

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber tentang Orientasi Capaian Pembelajaran Pendidikan Bioteknologi di Indonesia (Dr.rer.nat. Sulistyo Emantoko Dwi Putra, Ketua Ikatan Program Studi Bioteknologi Indonesia) dan Prospek pengembangan Bioteknologi di Indonesia (Dr. Yudhi Nugraha S Putra) Investigador científico di Instituto de Salud Carlos III.

Sebagai informasi beberapa upaya telah dilakukan PSMB termasuk melakukan evaluasi diri dan juga merekonstruksi kurikulum PSMB yang sesuai dengan tuntutan Outcome Based Education (OBE). Tuntutan tersebut tidak hanya dalam bentuk rekonstruksi kurikulum, namun juga harus dilengkapi dengan dokumen pembelajaran yang sudah mengakomodasi standar OBE.

(har)

Leave a comment

%d bloggers like this: