SDGs Center UNEJ Sebagai Wujud Responsif Tri Dharma Perguruan Tinggi

Direktur Pascasarjana UNEJ sekaligus Ketua SDGs Center UNEJ Prof. Dr. Ir. Rudi Wibowo, M.S. menjadi pembicara di Politeknik Negeri Jember dengan Tema “ Peran serta Pendidikan Tinggi Vokasi dalam Implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) melalui kegiatan Tri Dharma (13/11/2018).

Seperti diketahui bahwa Universitas Jember dengan SDGs Center UNEJ sebagai wujud Responsif Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan Visi menjadi pusat kajian dan pengembangan untuk mencapai sinergitas kegiatan-kegiatan terkait implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Menurut Prof. Dr. Ir. Rudi Wibowo, MS. ada yang berbeda antara Millennium Development Goals (MDGs) atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi “Tujuan Pembangunan Milenium” dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yang didalamnya memiliki 17 tujuan dengan 169 target yang terukur dan mempunyai tenggat waktu yang ditentukan.

“ada penyempurnaan yang lebih komprehensif dengan melibatkan lebih banyak Negara dengan tujuan universal serta memperluas sumber pendanaan (Pemerintah, Swasta, dan Sumber lain)”, ungkapnya.

“Selain itu perbedaan yang lain menekankan pada hak asasi manusia dalam penanggulangan kemiskinan, melibatkan seluruh pemangku jabatan, menargetkan untuk menuntaskan seluruh indikator dan cara pelaksanaan”,imbuhnya.

Indonesia berkomitmen melaksanakan SDGs untuk transformasi peradaban global yang lebih adil, damai, sejahtera, dan berkelanjutan.

“ Komitmen tersebut diwujudkan dengan Perpres Nomor 59 tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”,tuturnya.

Perguruan Tinggi memiliki peran penting dalam SDGs dalam hal Peningkatan Kapasitas, Pemantauan dan Evaluasi dan Policy Research.

“Pendidikan Tinggi harus mampu meningkatkan daya saing Bangsa, menjawab kebutuhan kehidupan yang mensejahterakan, selaras dengan dinamika perkembangan teknologi informasi dan tetap mengedepankan aspek-aspek jati diri dan humanities”, katanya.

“Peran serta kita (Perguruan Tinggi) amat sangat dibutuhkan dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, ambil satu sisi penting  saja kemudian kita lakukan sesuai Tri Dharma”,pungkasnya. (EP/HR/MJ)

Tags
%d bloggers like this: