Selamat Hari Anak Dunia, 20 Nopember 2016.

rosita dewi Hari Anak adalah event yang diselenggarakan pada tanggal yang berbeda-beda di berbagai tempat di seluruh dunia. Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni, dan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November. Negara lainnya merayakan Hari Anak pada tanggal yang lain, dan perayaan ini bertujuan menghormati hak-hak anak di seluruh dunia.

Di Indonesia, Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984. ( sumber : Wikipedia)

dr. Rosita Dewi Mahasiswa Program Studi Magister Bioteknologi Universitas Jember mengatakan” Perlakuan terhadap anak hendaknya didasari oleh kasih sayang dan perhatian, kasih sayang dan perhatian yang diberikan dapat mencakup banyak hal yaitu aspek fisik, aspek mental, aspek kerohanian, aspek pendidikan formal”.

Selanjutnya dr. Rosita Dewi juga menjelaskan lebih dalam bahwa dari  aspek fisik kita dapat memberikan nutrisi yang mendukung pertumbuhan anak,  aspek mental kita hendaknya selalu memberikan motivasi agar mereka memiliki keberanian dan kepercayaan diri, aspek kerohanian juga harus ditanamkan sejak dini misalnya kewajiban beribadah, penerapan nilai-nilai sikap dan perilaku yang jujur, rendah hati, berbagi dan menolong orang lain,”ujarnya.

Anak-anak juga harus dimotivasi selama menempuh pendidikan formal.

“Tentu saja peran keluarga sangatlah besar dalam menanamkan aspek-aspek tersebut”,tuturnya.

Dengan demikian diharapkan anak-anak dapat bertumbuh dan berkembang dengan optimal sehingga potensi yang mereka miliki dapat dikembangkan dan memberikan manfaat bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat serta bangsa.(hr)

Selamat Hari Anak Dunia, 20 Nopember 2016.

%d bloggers like this: