Selamat Hari Pendidikan Nasional

alik

Makna Pendidikan Nasional menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor  20   Tahun 2003 adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.  Menurut saya makna pendidikan nasional merupakan senjata negara dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Selain itu wajah pendidikan nasional juga merupakan wujud jati diri bangsa. Setiap orang berhak untuk memperoleh pendidikan yang layak karena pendidikan merupakan suatu arahan yang dapat mengatur tingkah laku manusia mulai dari usia dini hingga dewasa. Mencakup proses panjang yang ditempuh untuk memperoleh ilmu yang lebih luas dan tercapai pemikiran serta cara pandang yang lebih luas agar memiliki kepribadian yang lebih baik.

Alik Ul Rochmana, S.Pd. Mahasiswa Program Studi Magister Bioteknologi Universitas Jember mengatakan “kita sudah sepatutnya menjalankan tri dharma perguruan tinggi sebagai amanah yang dititipkan universitas kepada para mahasiswa. Tidak hanya menjalankan kewajiban pendidikan seputar kuliah namun juga menjalankan penelitian dan pengabdian. Karena bagaimanapun ilmu yang kita dapatkan dan kita miliki akan lebih bermanfaat jika kita dapat membagi kepada orang lain karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain”.

 “Di Program Studi Bioteknologi ini saya semakin mendalami dan mempraktekkan tri dharma perguruan tinggi tersebut karena bagaimanapun pada akhirnya kita akan hidup dalam masyarakat yang heterogen. Selain itu di imbangi juga dengan kegiatan mengajar diluar jam kuliah yang mana akan memberikan manfaat sebagai bekal kita dalam memberikan kebermanfaatan di masyarakat. Dimulai dari hal-hal kecil, dari diri sendiri terlebih dahulu dan nantinya ditularkan perlahan sehingga bisa memotivasi yang lain untuk ikut mengerahkan tenaga dalam pengembangan pendidikan. Semoga pendidikan di indonesia akan terus membaik di masa ini dan masa yang mendatang. Selamat Hari Pendidikan Nasional dan  Semangat membangun negeri,”ujar wanita kelahiran Blitar.(hr)

Tags
%d bloggers like this: