UNEJ Berikan Pelatihan Mendaur Ulang (Recycle) Limbah Kelapa Menjadi Produk Bernilai.

9 Februari 2020, Kelompok Riset (KeRis) Soil Biodiversity and Fertility (SBF) Universitas Jember (UNEJ)  yang beranggotakan Dr. Ir. Sugeng Winarso, M.Si., Ayu Puspita Arum, S.TP., M.Sc., Dr. Isa Ma’rufi, M.Kes dan Dr. Farida Wahyuning tyas,S.KM., M.Kes kembali mengadakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat  berkelanjutan di Desa Karangrejo Gumukmas Jember dalam rangka melanjutkan program Desa Binaan UNEJ.

Keris SBF UNEJ yang dipimpin Sugeng Winarso terus berupaya mendukung peningkatan pendapatan masyarakat dengan memberikan pelatihan memanfaatkan limbah kelapa menjadi produk bernilai. “Limbah kelapa yang selama ini tidak dimanfaatkan , kami perkenalkan kepada masyarakat agar bisa dimanfaatkan menjadi barang yang bernilai”, ungkap Sugeng Winarso.

Program ini memilih limbah kelapa karena di desa-desa banyak sekali sehingga mudah didapat dan masih memungkinkan untuk di daur ulang.

“tidak hanya menjadi bahan bakar, limbah kelapa dapat digunakan sebagai wadah tanaman (pot) yang nantinya dapat dimanfaatkan masyarakat sendiri atau dijual”,katanya.

Sebelumnya Desa Karangrejo juga telah menerapkan pupuk organik dari biochar sehingga masyarakat sudah bisa memadukan produk biochar dan pot bunga limbah kelapa menjadi produk unggul yang bisa dijual dipasaran.

Asrofi salah satu tokoh pemberdayaan masyarakat Desa Karangrejo mengucapkan terima kasih kepada UNEJ yang telah memberikan pembinaan secara berkelanjutan.

“Terima Kasih kepada Tim UNEJ yang selama ini membantu pemberdayaan masyarakat dengan memberikan pelatihan bagi masyarakat desa karangrejo”ucapnya. (har)

%d bloggers like this: