Upaya Peningkatan Kualitas Mahasiswa Pengelolaan Sumberdaya Air Pertanian Dengan Mengikuti Ajang Kompetisi Nasional

Keterangan Foto: dari kiri Mahasiswa MPSDAP Mohamad Wawan Sujarwo, Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Ir. Rudi Wibowo, MS., Mahasiswa MPSDAP Jenitra Milan Petrina, KPS MPSDAP Dr. Luh Putu Suciati, S.P., M.Si.

Permasalahan di sektor pertanian dalam pembangunan pertanian yang berkelanjutan tidak hanya terfokus pada masalah teknik budidaya. Bidang sosial ekonomi pertanian menjadi sangat penting terutama dalam membangun sumber daya manusia dalam bidang pertanian.

Melalui seminar nasional yang diselenggarakan oleh Departemen Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Gadjah Mada, mahasiswa Pengelolaan Sumberdaya Air Pertanian Pascasarjana Universitas Jember Jenitra Milan Petrina dan Mohamad Wawan Sujarwo ikut serta dalam memeriahkan kegiatan seminar yang rutin dilakukan setiap tahun.  Mengangkat tema “Peran Sumberdaya Dalam Pembangunan Pertanian Berkelanjutan”, Panitia mengundang pakar-pakar yang memiliki keilmuan di bidang sosial dan ekonomi sebagai pembicara seperti Priyastomo dan Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc.. Acara diselenggarakan di Auditorium Prof. Harjono Danoesastro, Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada pada tanggal 25 s/d 26 Agustus 2018.

Dalam upaya peningkatan daya saing dan publikasi mahasiswa Pengelolaan Sumberdaya Air Pertanian, kedua mahasiswa tersebut mewakili untuk menjadi pemakalah dan peserta dalam acara seminar. Permasalahan yang diangkat dalam makalah adalah Peran Pengetahuan Lokal Masyarakat Dalam Mengatasi Krisis Air Lahan Rehabilitasi Taman Nasional Meru Betiri. Keikutsertaan tersebut setidaknya membantu memperkenalkan kearifan lokal masyarakat di wilayah Taman Nasional Meru Betiri dalam beradaptasi mengatasi permasalahan kekeringan di lahan rehabilitasi.

%d bloggers like this: