Webinar Peran Kesehatan Masyarakat di Era New Normal

Di masa pandemi COVID-19 ini kita dituntut untuk tetap produktif dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Kedisiplinan masyarakat untuk mengindahkan peraturan mengenai PSBB dan masa peralihan ke era new normal diharapkan akan dapat menuntaskan mata rantai persebaran COVID-19 ini. Kenyataannya yang ditemukan adalah masyarakat masih kurang mengerti mengenai “new normal” dan “kembali normal”, sehingga perlu adanya pengetahuan mengenai new normal secara lebih lanjut.

Konsentrasi ilmu kesehatan masyarakat yang murujuk pada promosi kesehatan dan upaya preventif memiliki peran dalam mensukseskan era new normal. Selasa, 16 Juni 2020 Pascasarjana Universitas Jember mengadakan webinar mengenai “Peran Kesehatan Masyarakat diera new normal”. Dalam kegiatan ini mengundang Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa timur Dr. Herlin Feliana, M.Kes sebagai narasumber beserta Dosen-dosen Pascasarjana Universitas Jember, diantaranya Dr. Isa Ma’rufi, S.KM., M.Kes, Dr. Dewi Rokhmah, S.KM., M.Kes, dan dr. Ancah Caesarina Novi, Ph.D.

Webinar ini dilakukan pada dua platform yaitu zoom dan Youtube sehingga setiap orang dapat mengaksesnya. Antusiasme peserta terlihat dari mahasiswa-mahasiswi Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Pascasarjana Universitas Jember  dan  audien dari luar.  link video youtobe silahkan lihat di https://youtu.be/8qwNd4IIQ7Q

Pembahasan yang dipaparkan antara lain gambaran situasi secara real yang terjadi pada  Provinsi Jawa timur dimana masih tidak stabil dalam artian angka kejadian setiap bulan masih naik turun yang disebabkan oleh beberapa faktor. Kemudian peran dari profesi kesehatan dalam mempromosikan untuk berperilaku hidup yang lebih sehat dimulai dari diri sendiri dan keluarga dengan penggunaan APD sebagaimana yang telah dianjurkan WHO serta penerapan PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat).

Selain itu juga dibahas mengenai bagaimana upaya preventif dalam menjaga kesehatan lingkungan dan kesehatan kerja mengingat dengan adanya COVID-19 ini setiap seseorang yang memiliki profesi pada bidang kesehatan memiliki beban kerja yang meningkat. Hal ini tidak menutup kemungkinan mempengaruhi keselamatan dan kesehatan kerja. Sebagimana kita ketahui bahwa hingga saat ini belum ditemukan vaksin untuk mengatasi COVID-19 ini, sehingga kita perlu untuk meningkatkan imunitas supaya bisa survive dengan virus ini.

Banyak hal yang dapat meningkatkan imunitas mulai dari makanan yang bergizi dan olah raga, tetapi cukup dengan olah raga ringan dan sebisa mungkin dilakukan indoor. Peran serta masyarakat milenial juga diharapkan dapat membantu mempromosikan perilaku new normal. Seiring perkembangan zaman dimana kemudahan akses informasi melalui internet diharapkan milenial dapat mengedukasi masyarakat sekitar. (roni)

 

%d bloggers like this: