Workshop dan Diskusi Terpumpun Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan di Pascasarjana UNEJ

Rudi Wibowo dihadapan peserta mengucapkan selamat datang dan berharap acara ini menjadi kajian bersama dalam sebuah diskusi sehingga berupaya untuk mempertahankan dan menigkatkan kualitas sumber daya alam dan lingkungan.

24 Okotober 2019, Program Studi Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSDAL) Pascasarjana Universitas Jember didukung oleh SDGs Center UNEJ dan Kelompok Riset Konservasi DAS  mengadakan kegiatan Workshop dan Diskusi Terpumpun Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan dengan tema “PERAN STAKEHOLDER DALAM KEBERLANJUTAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN DAS BEDADUNG DAN DAS SEKARKIJANG JAWA TIMUR” di Aula lantai 3 Gedung Pascasarjana Universitas Jember yang dihadiri oleh berbagai instansi terkait pengelolaan DAS, seperti PDAM Jember, Balai TN. Meru Betiri, BAPPEDA Kab. Jember, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kab. Jember, Dinas PUPR dan Bina Marga Kab. Jember, DPW JATIM Walantara, UPT PSDA Wilayah Sungai Sampean Bondowoso, Forum DAS Brantas Sampean, UPT PSDA Bondoyudo Baru Lumajang, Pemerhati Lingkungan, Perhutani KPH Jember , Cabang Dinas Kehutanan Kab. Jember, dan Dosen – dosen dari Fakultas – Fakultas di Lingkungan Universitas Jember.

Acara dibuka langsung oleh Prof. Rudi Wibowo selaku Direktur Pascasarjana dan Dr. Luh Putu Suciati S.P., M.Si.  selaku Ketua Program Studi Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSDAL) UNEJ.

Rudi Wibowo dihadapan peserta mengucapkan selamat datang  dan berharap acara ini menjadi kajian bersama dalam sebuah diskusi sehingga berupaya untuk mempertahankan  dan menigkatkan kualitas sumber daya alam dan lingkungan.

“ada beberapa kebijakan terkait lingkungan yang perlu kita aktif mengkaji sehingga menjadi masukan yang baik dan dapat bermanfaat bagi masyarakat”,ungkapnya.

Era big data pada saat ini telah membawa pengaruh dalam segala aspek kehidupan, termasuk dalam perkembangan keilmuan. Oleh karena itu kita harus mampu beradaptasi agar bisa memanfaatkan data yang ada untuk membangun arah keilmuan yang semakin baik.

“Literasi data sangatlah penting di era sekarang, kita harus memanfaatkan tapi jangan lupa kita harus meningkatkan  karakter jati diri kita”imbuhnya.

Luh Putu Suciati Ketua Program Studi Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PSDAL) UNEJ.

Sementara itu Luh Putu Suciati diawal acara menyampaikan bahwa Program Studi Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan Pascasarjana Universitas Jember  bertujuan untuk memanfaatkan dan mendayagunakan ilmu pengetahuan alam dan teknologi melalui keahlian atau profeasi untuk mengatasi masalah dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan.

“mahasiswa kami (MPSDAL) akan mempresentasikan penelitan dan pengabdian bidang lingkungan yang nantinya kita harapkan bisa bersinergi untuk mengatasi  masalah dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan”, katanya.

Acara kemudian dilanjutkan presentasi beberapa hasil penelitian mahasiswa MPSDAL terkait penelitian DAS dengan judul  sebagai berikut.

  1. Kajian Kondisi Kualitas Air Sungai Bedadung (Hendra, Dr. Elida Novita)
  2. Strategi Pengendalian Pencemaran Sungai Berbasis Partisipasi Masyarakat ( Amelia, Dr. Elida Novita)
  3. Analisis Neraca Air SubDAS Rawatamtu(Erwan, Prof. Indarto)
  4. Prediksi Erosi di Jawa Timur(Roshandhayani, Prof. Indarto, Dr. Marga Mandala)
  5. Pemodelan Erosi dan Sedimentasi di SubDAD Sanenrejo Menggunakan SWAT ( Wawan, Prof. Indarto)
  6. Peran Pengetahuan Lokal Masyarakat Dalam Mengatasi Krisis Air Lahan Rehabilitasi TamaN Nasional Meru Betiri ( Jenitra, Dr. Luh Putu Suciati)
  7. Kontaminasi Bahan Pencemar Pada Air dan Tanah di Hulu DAS Bedadung (Fariz, Dr. Idah Andriyani)
  8. Strategi Keberlanjutan Pembangunan Desa Berdasarkan Tipologi Wilayah ( SDGs Center UNEJ)

(har/bintang)

%d bloggers like this: