•  - 
    English
     - 
    en
    Indonesian
     - 
    id

Guna Meningkatkan Capaian Pembelajaran Lulusan, Program Pascasarjana Universitas Jember Mengadakan Kegiatan Konsinyering di Bondowoso.

Kurikulum Pendidikan Tinggi didefinisikan sebagai seperangkat rencana dan  pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses dan penilaian yang digunakan sebagai Pedoman Penyelenggaraan Program Studi (Permen Ristekdikti No 44 Tahun 2015, SN-Dikti).

Berdasarkan pengertian tersebut perencanaan Program Pascasarjana Universitas Jember dalam menyusun atau mengembangkan Kurikulum, dan RPS wajib mengacu pada KKNI dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Program Pascasarjana Universitas Jember mengadakan kegiatan Konsinyering Evaluasi Kurikulum Pembelajaran, Sarana dan Prasarana , serta Pedoman Pembelajaran Luring dan Daring dalam rangka Sinkronisasi Lulusan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (13-15 Oktober 2023) yang dihadiri Pimpinan, Koordinator Program Studi dan Dosen Penangungjawab Mata Kuliah bertempat di Bondowoso.

Dalam sambutannya Direktur Program Pascasarjana Universitas Jember Prof. Dr. Budi Setyono, M.A mengucapkan terima atas kehadiran para peserta dengan tujuan bersama-sama mengadakan evaluasi serta membuat strategi baru untuk kemajuan Program Pascasarjana Universitas Jember.

“Berkaitan evaluasi animo mahasiswa hal tersebut merupakan hal penting karena keberkelanjutan Program Pascasarjana tidak terlepas dari adanya mahasiswa yang menempuh kuliah di Program Pascasarjana Universitas Jember”,katanya.

Konsinyering Evaluasi Kurikulum Pembelajaran, Sarana dan Prasarana , serta Pedoman Pembelajaran Luring dan Daring dalam rangka Sinkronisasi Lulusan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri menghadirkan fasilitator dari LPMPP, diharapkan dapat memfasilitasi pengisian aplikasi SIPALU (Sistem Capaian Pembelajaran Lulusan), di mana semua data terkait ketercapaian CPL dan CPMK dapat diambil dari SIPALU. Dengan terisinya semua data yang diminta di SIPALU, diharapkan prosentase jumlah matakuliah yang siap dievaluasi ketercapaian CPMK dan CPLnya oleh GPM meningkat jumlahnya. Konsinyering dilaksanakan untuk mencermati secara lebih teliti apakah Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang telah dirumuskan oleh semua Program Studi di Pascasarjana Multidisiplin (yaitu Prodi Magister IKM, Bioteknologi, PSDAP dan Program Studi S3 Bioteknologi) terdistribusi/ tertitipkan pada semua mata kuliah yang relevan dengan CPL tersebut.

Menurut Prof. Dr. Budi Setyono, M.A melalui konsinyering diharapkan dapat diketahui berapa persen perangkat-perangkat tersebut telah diupload di SIAKAD Universitas Jember oleh masing-masing dosen di empat program studi di Program Pascasarjana.

“Hal ini penting agar dapat diketahui ketercapaian semua CPL yang telah dirumuskan oleh masing-masing program studi. Konsinyering dilaksanakan dengan tujuan ingin mengetahui sejauh mana CPL pada setiap matakuliah di masing-masing program studi telah siap untuk dievaluasi ketercapaiannya. Sehubungan dengan hal tersebut, dosen pengampu mata kuliah wajib merencanakan frekuensi rencana asesmen, bobot dan metode asesmennya”,ungkapnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan pengisian borang terkait capaian pembelajaran lulusan dalam aplikasi SIPALU Universitas Jember. (nia/har)