PASCASARJANA UNEJ DAN BPJS KETENAGAKERJAAN KABUPATEN JEMBER PERKUAT KERJASAMA

Senin, tanggal 6 Desember 2021, Prof. Dr. M. Arief Amrullah, S.H., M.Hum., selaku Direktur Pascasarjana Universitas Jember (UNEJ) dengan Doli Yulianto, selaku Kepala Cabang Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Jember bertemu untuk membahas Kerjasama Bersama antara Pascasarjana UNEJ dengan BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Jember bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. “ Kita harapkan dengan kerjasama ini akan memperkuat hubungan antara Pascasarjana UNEJ dan BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Jember, terutama untuk saling membantu dan saling menguntungkan seperti praktisi BPJS ketenagkerjaan bisa menjadi praktisi pada kuliah tamu yang dilaksanakan oleh Pascasarjana UNEJ”, ujar Prof. Dr. M. Arief Amrullah

Senada dengan Prof. Dr. M. Arief Amrullah, Doli Yulianto juga menyampaikan bahwa BPJS Ketenagakerjaan akan siap membantu jika dibutuhkan dalam kegiatan-kegiatan di Pascasarjana UNEJ, seperti mengisi kuliah tamu atau kuliah praktisi, serta kegiatan-kegiatan lain. “Pada dasarnya kami akan siap membantu jika dibutuhkan tenaga kami untuk mengisi kuliah tamu dari sisi praktisi, terutama terkait BPJS Ketenagakerjaan”, kata Doli menambahkan.

Selain kegiatan kuliah tamu, mahasiswa pascasarjana juga bisa melaksanakan praktikum atau magang di BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Jember, untuk meningkatkan keterampilan dan wawasan mahasiswa di dunia kerja. Prof. Dr. M. Arief Amrullah juga menyampaikan bahwa kegiatan praktikum dan magang ini juga nantinya jika ada data-data yang menarik bisa diambil untuk dilanjutkan sebagai tugas akhir bagi mahasiswa Pascasarjana, dan hasil analisis mahasiswa nantinya bisa memberikan saran-saran atau rekomendasi bagi pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Kerjamasama lain, selain Pendidikan adalah bidang penelitian, dalam bidang penelitian ini, Tenaga Ahli Pascasarjana UNEJ bisa membantu BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Jember dalam melakukan kajian-kajian terkait jaminan sosial ketenagakerjaan, seperti tingkat kepuasan nasabah BPJS Ketenagakerjaan, melaksanakan kajian unit cost atau kajian terkait kebijakan-kebijakan BPJS Ketenagakerjaan. Termasuk bidang Pengabdian kepada Masyarakat, nantinya Pascasarjana UNEJ bisa melaksanakan sosialisasi atau peningkatan kesadaran masyarakat terkait pentingnya BPJS Ketenagakerjaan secara bersama-sama dengan BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Jember sehingga hasilnya akan lebih optimal.

Pembahasan kerjasama antara Pascasarjana UNEJ dan BPJS ketenagakerjaan Kabupaten Jember, akhirnya ditutup dengan tindaklanjut akan dilaksanakan penandatanganan secara resmi kerjasama dengan mengundang semua stakeholder yang terlibat. (har)

%d bloggers like this: